Merah Putih Tidak Dapat Dikibarkan di Piala Thomas, Atlet Tidak Diberi Tahu
LANGGAM.ID | 17/10/2021 23:59
Merah Putih Tidak Dapat Dikibarkan di Piala Thomas, Atlet Tidak Diberi Tahu

Langgam.id – Atlet bulu tangkis Indonesia yang bertanding di Denmark tidak mengetahui kabar bahwa bendera Merah Putih tak dapat berkibar saat penyerahan medali Piala Thomas 2020 di Denmark Minggu (17/10/2021) malam. Ketua Umum PBSI Agung Firman Sampurna mengkonfirmasi hal tersebut.

“Konsekuensi dari WADA ini, kami tidak kasih tahu ke anak-anak, kalau mereka tahu anak-anak yang di Denmark pasti drop semua. Saya sudah sampaikan mereka jangan pegang HP, konsentrasi ke pertandingan karena kita berpotensi untuk bisa juara,” tuturnya seperti dikutip dari Tempo, Minggu (17/10/2021).

Sebelumnya Badan Anti Doping Dunia (WADA) telah memberikan sanksi kepada Indonesia terkait ketidakpatuhan dalam aturan anti doping yang ditetapkan.

Beberapa sanksi yang berpotensi akan dilayangkan oleh WADA yaitu Indonesia tidak bisa berpartisipasi dalam tender tuan rumah turnamen Super Series ataupun mengikuti kejuaraan dari Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF), tidak dapat mengibarkan bendera merah putih saat menang di kejuaraan yang mewakili Negara, dan tidak dapat memutar lagu Indonesia Raya.

Sanksi tersebut hingga saat ini belum dicabut oleh WADA dan akan berlaku dari 8 Oktober 2021 hingga 8 Oktober 2022. Tak hanya berlaku pada pertandingan bulu tangkis, sanksi tersbeut juga diterapkan pada cabang olahraga lainnya.

Setelah melakukan lobi, lagu Indonesia Raya diperbolehkan untuk diputar, namun Bendera Merah Putih tetap tidak dapat dikibarkan, tapi dapat digantikan dengan bendera organisasi olahraga lain seperti Persatuan Bulu Tangkis Indonesia (PBSI).

“Kami tidak ingin menyalahkan siapapun dalam hal ini. Saya pikir kita semua sudah tahu apa yang menjadi penyebab hal ini,” tutur Agung Firman menanggapi hal tersebut sebagaimana dilansir Tempo, Minggu (17/10/2021).

Agung turut mengatakan bahwa pihaknya telah mencoba untuk terus bernegosiasi agar beberapa sanksi dapat diubah. “Kami telah melobi BWF bahwa sehingga tender event aman dan Indonesia tetap mendapat event Super Series Indonesia Open Master Challenge untuk tahun depan,” kata dia.

Selain Indonesia yang diberikan sanksi, Negeri Gajah Putih Thailand juga harus merelakan bendera negaranya tidak dapat berkibar sebagai semifinalis di penutupan Piala Uber lalu. Sebagai gantinya bendera Asosiasi Bulu Tangkis Thailand (BAT) dikibarkan.

--


BERITA TERKAIT