Hadapi Turnamen Catur di Thailand, PB Percasi Kirim 10 Pecatur Muda
KRJOGJA.COM | 31/07/2019 14:53
Hadapi Turnamen Catur di Thailand, PB Percasi Kirim 10 Pecatur Muda

JAKARTA, KRJOGJA.com - Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB Percasi) bekerjasama dengan PT JAPFA Comfeed Indone­sia Tbk mengirim sepuluh pecatur mengikuti turnamen catur internasional '4th Eastern Asia Youth Chess Champi­onship 2019' di Bangkok, Thailand, 1-10 Agustus men­datang.

Ketua Umum PB Percasi, GM Utut Adianto mengatakan pengiriman para pecatur muda ke '4th Eastern Asia Youth Chess Championship 2019' ada­lah salah satu upaya PB Percasi untuk melahirkan pecatur-pecatur hebat yang siap bersaing di tingkat dunia.

BACA: Ikut 3 Nomor Catur Asia Indonesia Realistis

"Butuh proses panjang dan konsistensi pembinaan untuk bisa melahirkan pecatur-pecatur hebat. PB Percasi dengan dukungan JAPFA akan terus berjuang melahirkan pecatur-pecatur hebat," kata Utut kepada wartawan di Jakarta, Rabu (31/7).

Hadir mendampingi Utut Adianto diantaranya, Sekjen PB Per­casi, Henry Hendratno, Kabid Binpres, Kristianus Liem, Social Investmen Mana­ger JAPFA, Agus Mulyono.

Lebih lanjut Utut menjelaskan sepuluh pecatur muda yang dikirim ke Bangkok adalah para juara dalam Kejurnas Catur 2018 di Aceh. Diantaranya,  FM. Daniel Hermawan,  Nur Aini Rasyid, Nayaka Bu­dhi Darma, Cacilia Natalie Liuvian, Handaru Juan, Arme­nia Zendy Purwanto, Arjuna Satria Pamungkas, Aura Cahyati Alifan, Syahsyah Syakish Thirof dan Hafizah Indriani. Mereka akan didampingi Manajer Tim, Agus Mulyono.

Pada debutnya 2018 lalu, saat event digelar di Shanghai, Tiongkok, Tim Catur Indonesia berhasil menorehkan prestasi spektakuler meraih tujuh emas. Dua dari tujuh emas tersebut disumbangkan oleh Da­niel Hermawan Lumbantobing dari no­mor catur standar dan catur cepat KU 16 Putra.

Sementara itu  pecatur muda berbakat asal Sumut, FM Daniel Hermawan Lumban Tobing menargetkan dapat meraih tiga emas di tiga nomor yang akan diikutinya yaitu nomor catur standar, cepat dan kilat.

"Menghadapi event ini saya terus berlatih menggunakan aplikasi catur online GM Sport 700 untuk mengasah taktik bermain. Kalau di event sebelumnya saya dapat dua emas, kali ini target saya bisa meraih tiga emas," ujar pecatur berelo rating 2219 ini.

Siswa kelas tiga SMA Cahaya di Medan ini berambisi dapat meraih gelar Master Internasional (MI). Sejauh ini, Daniel telah mendapatkan satu norma MI yang diraihnya saat mengikuti turnamen interna­sional di Tiongkok pada 2018 lalu.

Sementara Tim Manajer, Agus Mulyono mengatakan mayoritas pecatur muda yang dikirim ke turnamen ini baru pertama kali mengikuti event internasional. Karena itu, pihaknya tidak membebani mereka harus juara dan meraih medali. (sim)

KRJOGJA.COM


BERITA TERKAIT