PB PON Papua Pertimbangkan Gelar CdM III Secara Virtual
JUBI.CO.ID | 10/08/2021 13:38
PB PON Papua Pertimbangkan Gelar CdM III Secara Virtual
Pon Papua 2021. Istimewa

Jayapura, Jubi – Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional atau PB PON Papua mempertimbangkan pelaksanaan Chef de Mission (CdM) meeting III PON XX digelar secara virtual.

Opsi tersebut diusulkan karena berkaca pada masih tingginya kasus penularan Covid-19 serta adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 di masing-masing klaster penyelenggaraan hajatan akbar olahraga Indonesia itu.

Meski mengusulkan opsi virtual, Ketua Harian PB PON Papua, Yunus Wonda, juga mengatakan pihaknya tetap menyiapkan dua format untuk mengantisipasi kegiatan tersebut.

“Kita ada dua pola, pertama itu dilakukan secara pertemuan fisik seperti halnya CdM meeting I dan II yang sudah digelar sebelumnya. Pola kedua, dengan mempertimbangkan kondisi pandemi Covid-19 yang tinggi saat ini, maka muncul opsi digelar secara virtual,” kata Wonda kepada wartawan, Senin (9/8/21) kemarin.

Menurut Wonda, opsi menggelar CdM meeting III PON secara virtual sebenarnya merupakan langkah paling ideal untuk dilakukan pada situasi saat ini.

Sebab, jelasnya, inti penyelenggaraan pelaksanaan CdM meeting III adalah penyampaian progres atau kemajuan persiapan panitia setempat di seluruh venue. Di sisi lain, mengetahui kesiapan seluruh bidang di kepanitiaan PON, khususnya dalam menyediakan fasilitas bagi atlet maupun ofisial.

“CdM Meeting III PON Papua ini lebih kepada pengecekkan terakhir untuk kesiapan di seluruh venue kemudian di seluruh bidang PB PON Papua,” jelasnya.

“Kan mereka hanya butuh laporan progres kesiapan PON Papua terakhit itu seperti apa. Pastinya KONI se-Indonesia hanya ingin tahu itu, sehingga atlet mereka kan tidak ragu lagi datang ke Papua. Jadi, saya pikir tidak harus kita secara fisik dengan kondisi COVID-19 tinggi begini,” tambahnya.

Kendati begitu, Wonda menuturkan keputusan untuk menggelar CdM meeting III secara virtual masih harus dirapatkan bersama seluruh bidang dalam waktu satu hingga dua hari ke depan.

Nantinya, setelah sudah dirembukkan, opsi tersebut masih akan dikomunikasikan dengan pihak KONI Pusat, untuk selanjutnya ditentukan apakah pelaksanaan CdM Meeting III digelar virtual atau pertemuan fisik di Papua.

Ketua Bidang I PB PON Papua, Yusuf Yambe Yabdi, sebelumnya mengatakan berhubungan dengan kegiatan CdM meeting juga disediakan mekanisme pendaftaran berbasis teknologi.

“Mekanisme pendaftaran itu akan disimulasikan untuk para kontingen yang datang dan akan kita ujicobakan untuk menguji apakah sistem ini akan bekerja efektif,” jelasnya. 

jubi.co.id


BERITA TERKAIT