Indonesia Rebut Lima Tempat di Perempat Final Jepang Terbuka
TEMPO.CO | 13/09/2018 19:09
Pebulutangkis Indonesia, Kevin Sanjaya (kanan) dan Marcus Gideon, berselebrasi dalam final Ganda Putra Bulu Tangkis di Jakarta, Selasa, 28 Agustus 2018. Kevin / Marcus berhasil mendapatkan medali emas dan pasangan Fajar Alfian - Rian Ardianto mendapatkan
Pebulutangkis Indonesia, Kevin Sanjaya (kanan) dan Marcus Gideon, berselebrasi dalam final Ganda Putra Bulu Tangkis di Jakarta, Selasa, 28 Agustus 2018. Kevin / Marcus berhasil mendapatkan medali emas dan pasangan Fajar Alfian - Rian Ardianto mendapatkan medali Perak. TEMPO/Amston Probel

TEMPO.CO, Jakarta - Indonesia menyisakan lima wakilnya di babak perempat final Jepang Terbuka 2018. Di babak kedua yang digelar hari ini, Kamis, 13 September 2018 di Tokyo, Jepang, enam wakil Indonesia tersingkir.

Baca juga: Indonesia Loloskan 2 Ganda Putra ke Perempat Final Jepang Terbuka

Dari sektor tunggal putra, satu-satunya pemain Indonesia yang masih bertahan, Anthony Sinisuka Ginting berhasil melaju. Ginting yang saat ini ada di peringkat 10 dunia, menaklukkan pemain India Prannoy HS 21-14, 21-17. Di babak perempat final, Ginting akan menghadapi unggulan pertama sekaligus peringkat satu dunia, Victor Axelsen dari Denmark.

"Viktor adalah pemain dengan tipe main reli balik serang. Dengan postur tubuhnya yang tinggi, saya harus waspada dengan serangan-serangannya. Strateginya kurang lebih sama dengan pertandingan hari ini, yang penting fokusnya dan bisa merasa enjoy di lapangan," ujar Anthony seperti dikutip dari PP PBSI.

Di tunggal putri, Gregoria Mariska Tunjung dikalahkan pemain Thailand Ratchanok Intanon  15-21, 13-21. Satu wakil lain Lyanny Aleksandra Mainaky juga kandas. Pemain non pelatnas itu harus mengakui keunggulan wakil tuan rumah Aya Ohori 11-21, 14-21.

Ganda putra kembali menjadi sektor dengan wakil terbanyak. Dua pasangan berhasil lolos ke perempat final. Mereka adalah unggulan pertama Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Kevin/Marcus menang dua game langsung dari rekan satu pelatnas, Wahyu Nayaka Arya Pankaryanira/Ade Yusuf Santoso, 21-13, 21-17. Sedangkan Fajar/Rian mengalahkan Lee Yang/Lee Jhe-Huei (Taiwan), dengan skor 21-14, 21-18.

Di ganda putri, Greysia Polii/Apriyani Rahayu juga lolos ke babak delapan besar. Mendapat perlawanan sengit dari wakil tuan rumah, Ayako Sakuramoto/Yukiko Takahata, Greys/Apri berhasil menutup pertandingan dengan 14-21, 21-16, dan 21-10.

Di ganda campuran, unggulan delapan asal Indonesia Hafiz Faisal/Gloria Emanuelle Widjaja harus terhenti di tangan pasangan Jepang, Takuro Hoki/Koharu Yonemoto, 19-21, 21-15, dan 21-14.

Namun pasangan campuran Indonesia lain maju ke perempat final Jepang Terbuka. Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti di luar dugaan mengalahkan unggulan 7 asal Inggris, Chris Adcock/Gabrielle Adcock 23-21, 21-18.

EGI ADYATAMA


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT