Sepak Bola AG 2018: Perjuangan Heroik Timnas U-23 Berakhir
TEMPO.CO | 24/08/2018 18:49
Stefano Lilipaly di Timnas U-23 Indoensia. (pssi.org)
Stefano Lilipaly di Timnas U-23 Indoensia. (pssi.org)

TEMPO.CO, Jakarta - Timnas U-23 harus kalah 3-4 pada adu penalti melawan Uni Emirat Arab setelah berjuang heroik untuk memaksakan kedudukan imbang 2-2 sampai babak perpanjangan waktu babak 16 besar sepak bola AG 2018 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, sore ini, Jumat 24 Agustus 2018.

Baca: Asian Games 2018, Ini Susunan Pemain Timnas U-23 Indonesia Vs ...

Pada awal pertandingan ini, Andy Setyo Nugroho masuk sebagai bek tengah starter mendampingi Hansamu Yama. Pada awal permainan ini, pemain Uni Emirat Arab mendapat ruang untuk melakukan tembakan. Tapi, tendangannya tidak terlalu membahayakan kiper Andritany Ardhiyasa. Tendangan melambung spekulasi berhasil ditangkap dengan baik oleh Andritany.

Indonesia mendapat peluang emas berasal dari tendangan jarak jauh yang dilakukan Febri Hariyadi. Tapi, bola terobosan itu gagal disontek Beto Goncalves.

Pemain UEA lebih banyak menguasai bola dalam 10 menit pertama dan Timnas U-23 mengandalkan pada serangan balik yang cepat.

Petaka bagi Indonesia terjadi pada menit ke-19, ketika UEA mendapat hadiah penalti setelah Andy menggaet pemain lawan di dalam kotak penalti. Zayed Alameri mengeksekusinya dengan baik untuk membawa UEA memimpin 1-0. Kedudukan ini bertahan sampai babak pertama usai.

Pada babak kedua, Pelatih Timnas U-23, Luis Milla, memasukkan Septian David Maulana dan di belakang formasi berubah menjadi tiga bek, Ricky Fajrin, Hansamu Yama, dan Putu Gede. Andy ditarik keluar.

Pada menit ke-51, Beto berhasil menjebol gawang UEA setelah menerima uman dari Septian David Maulana. Kedudukan 1-1.

Pada menit ke-63 terjadi petaka lagi ketika Indonesia menerima hukuman penalti yang kontroversial. Pasalnya Hansamu tampak tidak melakukan ganjalan kepada lawan yang terjatuh dalam kotak penalti Timnas U-23. Tapi, wasit Saul Robert tetap memutuskan penalti. Zayed kembali menjadi algojo dan lagi-lagi melakukannya dengan baik. Kedudukan 2-1 untuk UEA.

Indonesia melakukan tekanan total pada 10 menit terakhir. Perjuangan habis-habisan mereka membuahkan hasil. Stefano Lilipaly berhasil menjebol gawang UEA setelah menerima umpan terobosan dari Sadil Ramdani pada injury time. Skor 2-2 dalam 90 menit.

Adapun kedudukan 2-2 bertahan sampai babak perpanjangan waktu 2x15 menit berakhir.

 


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT