Asian Games 2018: Mariska Kalah, Hari Ini Taekwondo Tanpa Medali
TEMPO.CO | 20/08/2018 18:52
Mariska Halinda dikalahkan Laetitia Aoun dari Lebanon di kelas -53 kg putri di babak perempat final dengan selisih tipis satu angka, Senin (20/8/2018). ANTARA FOTO/ INASGOC/SUNYOTO
Mariska Halinda dikalahkan Laetitia Aoun dari Lebanon di kelas -53 kg putri di babak perempat final dengan selisih tipis satu angka, Senin (20/8/2018). ANTARA FOTO/ INASGOC/SUNYOTO

TEMPO.CO, Jakarta - Mariska Halinda, atlet taekwondo Indonesia nomor kyorugi kelas -53 kilogram putri, kandas di babak perempatfinal Asian Games 2018. Mariska dikalahkan Laetitia Aoun dari Lebanon 22-23.

Baca juga: Kisah Defia Rosmaniar Bangkit dari Kesedihan dan Meraih Emas

"Mariska bermain bagus, cuma yang menjadi pertanyaan saya, alat detektornya sempat eror," kata pelatih taekwondo Indonesia Taufik Krisna di Plenary Hall Jakarta Convention Center, Senin, 20 Agustus 2018.

Adapun pertandingan Mariska yang sebelumnya dijadwalkan pukul 12.00 sempat ditunda sebelum dimulai pukul 15.00. "Setelah tanding (alat detektor) terlalu sensitif. Ini jadi catatan kami juga," ujar Taufik.

Menurut dia, kemampuan Mariska lebih unggul dibandingkan Laetitia Aoun. Taufik mengatakan, meski melakukan tendangan pelan, lawan Mariska sudah mendapat nilai.

"Kami tahu tendangan yang menghasilkan poin seperti apa," katanya.

Mariska Halinda baru sekali ini bertemu dengan atlet Lebanon. Namun pelatih dan Mariska sudah mempelajari video lawan. "Kami sudah tahu antisipasi (atlet taekwondo) Lebanon kanan depan tendangannya," tutur Taufik. Ia pun menyayangkan kekalahan Mariska dengan skor tipis, alias beda satu angka.

"Kalau misalnya alat normal, menang Mariska. Tendangan Lebanon itu enggak hit kok," ujarnya. Taufik menegaskan bahwa perjuangan para atlet asuhannya sudah maksimal.

Mariska Halinda sebelum lolos ke perempatfinal, mengalahkan Maria Madeira de Jesus Boavida Barros asal Timor Leste dengan skor telak 28-3.

Kekalahan Mariska di babak perempatfinal membuat tim taekwondo Indonesia nomor kyorugi hari ini tidak mendapat medali.

Reinaldy Atmanegara di nomor kyorugi kelas -58 kilogram putra gagal lolos ke perempatfinal. Reinaldy kalah dari atlet Taiwan, Kuangwu Hou  16-40.

Shaleha Fitriana Yusuf juga gagal ke perempatfinal kelas -67 kilogram putri, karena kalah dariQing Liu asal Makau 25-21.

Taekwondo Asian Games 2018 pada Selasa, 21 Agustus 2018, kembali memperebutkan tiga medali emas, di nomor -57 dan +67 kg putri, serta +80kg putra. Indonesia menurunkan Cinta Nadya Permata di kelas -57kg putri, Rizki Delva +67kg putri, dan Anugrah Prasetyo Rizky di kelas +80kg.

 


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT