Asian Games 2018, Hong Kong Kalahkan Laos 3-1
tempo.co | 10/08/2018 19:44
Pemain Hongkong, Cheng Hin Lung (7) menggiring bola melewati pemain Laos, Lounlasy Lathasy (10) pada babak penyisihan Grup A cabang Sepak Bola Asian Games 2018 di Stadion Patriot Bekasi Jawa Barat, Jumat (10/8/2018). INASGOC/Nick Hanoatubun
Pemain Hongkong, Cheng Hin Lung (7) menggiring bola melewati pemain Laos, Lounlasy Lathasy (10) pada babak penyisihan Grup A cabang Sepak Bola Asian Games 2018 di Stadion Patriot Bekasi Jawa Barat, Jumat (10/8/2018). INASGOC/Nick Hanoatubun

TEMPO.CO, Jakarta - Hong Kong memetik tiga poin setelah menang 3-1 atas Laos dalam pertandingan penyisihan Grup A sepak bola putra Asian Games 2018 di Stadion Patriot Chandrabaga, Kota Bekasi, Jumat, 10 Agustus 2018.

Baca juga: Ini Jadwal Timnas Indonesia di Asian Games

Gol kemenangan Hong Kong dicetak oleh Cheng Hin Lung di menit ke-20, Than Chun Lok menit ke-40, dan satu lagi akibat gol bunuh diri dari pemain Laos Lounlasy Tathasy di menit ke-85. Adapun gol balasan Laos dicetak oleh Kongmathilath Phitack menit ke 61.

Tampil sebagai tim yang diunggulkan atas Laos, permainan Hong Kong cukup dominan sejak menit babak pertama dimulai. Nyaris sepanjang laga, tim asuhan dari Kwok Kar Lok Kenneth ini menguasai jalannya pertandingan. Sedangkan, Laos hanya mengandalkan serangan balik.

Hong Kong membuka keunggulan di menit ke-20, lewat gol Cheng Chin Lung. Pemain bernomor punggung 7 ini memanfaatkan bola hasil kemelut did epan gawang. Sepakan voli tak bisa ditangkap oleh penjaga gawang Laos Paseuth Saymanolynh. 

Lima menit sebelum jeda turun minum, Hong Kong berhasil menggandakan keunggulannya lewat aksi Than Chun Lok. Aksi individu pemain bernomor punggung 6 ini berhasil mengelabuhi sejumlah pemain belakang Laos, sepakan kerasnya tak bisa diantisipasi oleh penjaga gawang. Skor berubah menjadi 2-0.

Laos berhasil mencetak gol di menit ke-61. Kongmathilath Phitack memanfaatkan peluang setelah kiper Hong Kong melakukan blunder. Dengan mudah pemain bernomor punggung 22 ini menceploskan bola ke gawang Hongkong yang tak dijaga.

Namun, lima menit sebelum pertandingan selesai, Hongkong malah berhasil menambah keunggulan menjadi 3-1 setelah pemain Laos, Lounlasy Lathasay, melakukan gol bunuh diri. Bola halauannya dari tendangan keras pemain Hongkong justru mengalir deras ke gawannya sendiri. Hingga pertandingan usai skor tak berubah untuk keunggulan Hongkong.

Pelatih Laos Mike Wong mengatakan, anak asuhnya sudah bermain maksimal di laga perdana ini. Ia mengakui bahwa Hong Kong tampil cukup baik, sehingga anak asuhnya kewalahan menghadapi serangan Lau Hok Ming dan kawan-kawan. "Kebetulan pemain kami masih muda-muda," kata Mike Wong.

Selain itu, kata dia, faktor postur tubuh, anak asuhnya lebih kecil ketimbang pemain dari Hong Kong. Pertandingan berikutnya menghadapi Palestina. "Kami akan berupaya maksimal di turnamen ini," ujar Mike.

Pelatih Hong Kong Kwok Kar Lok Kenneth mengatakan, menang di laga perdana cukup berarti untuk menghadapi laga berikutnya. Ia menargetkan di turnamen ini, skuadnya bisa lolos ke babak selanjutnya, meskipun harus berhadapan dengan tuan rumah Indonesia. "Lawan Indonesia di pertandingan terakhir, kami harus terus menang di dua pertandingan lagi," ujar dia.

Ia mengatakan, kemenangan ini berkat kerja keras anak asuhnya. Dengan raihan tiga angka di laga perdana, ujar dia, setidaknya mental pemain meningkat dalam menghadapi laga selanjutnya. Sebab, menurut dia, grup A berbeda dengan grup lainnya di mana pesertanya ada lima tim. "Kami akan berusaha maksimal agar lolos ke babak selanjutnya," ujar dia.

Dalam pertandingan kedua penyisihan Grup A Asian Games 2018 , sedang berhadapan Palestina dengan Taiwan.



 

 

REKOMENDASI BERITA