Kapten Persib Bandung Supardi Nasir Kursus Kepelatihan Lisensi B PSSI di Padang
TEMPO.CO | 12/02/2021 05:53
Pesepak bola Persib Bandung Supardi Nasir (kedua kiri) berebut bola dengan pesepak bola Tira Persikabo Osas Marvellous Ikpefua (kedua kanan) saat pertandingan Sepak Bola Liga 1 2019 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Selasa, 18 Juni 2019. ANT
Pesepak bola Persib Bandung Supardi Nasir (kedua kiri) berebut bola dengan pesepak bola Tira Persikabo Osas Marvellous Ikpefua (kedua kanan) saat pertandingan Sepak Bola Liga 1 2019 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Selasa, 18 Juni 2019. ANTARA/M Agung Rajasa

TEMPO.CO, Jakarta - Kapten Persib Bandung Supardi Nasir memanfaatkan waktu senggang saat kompetisi Liga 1 musim 2021 belum berjalan dengan mengambil kursus kepelatihan Lisensi B PSSI yang berlangsung di Padang sejak 8 hingga 21 Februari 2021.

"Ya belajar, menuntut ilmu saja. Mudah-mudahan, doain saja belajarnya diberkahi Allah," kata Supardi seperti dikutip dalam laman resmi klub, Kamis, 11 Februari 2021.

Supardi berharap ilmu yang diperolehnya akan bermanfaat, baik untuk pribadi maupun dunia sepak bola Indonesia ke depan. Selain Supardi, beberapa pemain lain yang juga mengikuti program tersebut salah satunya, yakni Antonio Claudio de Jesus Oliveira.

Saat kelanjutan kompetisi masih belum pasti, banyak pemain yang aktif mengambil kursus kepelatihan, mulai dari lisensi C hingga lisensi A. Langkah tersebut diambil sebagai investasi ilmu di masa mendatang. Setelah pensiun sebagai pemain, mereka bisa melanjutkan karier sebagai pelatih sepak bola.

Baca juga: 26 Pemain Sepak Bola Ikut Kursus Kepelatihan Lisensi C PSSI di Malang

Beberapa waktu lalu, Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri menyampaikan bahwa PSSI memiliki program yang bertujuan menciptakan pelatih-pelatih berkualitas. Dengan banyaknya pelatih, federasi meyakini kualitas sepak bola akan semakin maju.

"Sesuai dengan arahan dari Ketua Umum PSSI, saat ini kami memang sedang fokus untuk menciptakan, menambah dan meningkatkan kualitas pelatih-pelatih andal di tanah air," ujar Indra.

Di samping itu, PSSI juga ingin membantu pelatih-pelatih Indonesia yang sudah memiliki lisensi kepelatihan nasional agar bisa aktif melatih menggunakan sertifikat yang dimiliki.

Supardi Nasir, 37 tahun, bermain untuk Persib Bandung sejak 2013. Pemain kelahiran Bangka ini pernah memperkuat Sriwiaya pada 2016 semusim, tetapi kemudian kembali lagi ke tim Maung Bandung pada 2017 dan bertahan hingga sekarang.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT