Timnas U-22 Bakal Dikirim TC ke Korea Selatan dan UAE setelah Latihan di Jakarta
TEMPO.CO | 06/02/2021 07:20
Manajer Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong (ketiga kiri) memberikan arahan pada pesepak bola sebelum menggelar latihan di Stadion Madya, Kompleks Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Jumat 7 Agustus 2020. Sebanyak 24 pesepak bola senior mengikut
Manajer Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong (ketiga kiri) memberikan arahan pada pesepak bola sebelum menggelar latihan di Stadion Madya, Kompleks Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Jumat 7 Agustus 2020. Sebanyak 24 pesepak bola senior mengikuti latihan perdana pada masa pandemi COVID-19. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

TEMPO.CO, Jakarta - Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, telah memanggil 36 pemain untuk menjalani pemusatan latihan (TC) persiapan SEA Games 2021 di Jakarta selama tiga pekan, 8-28 Februari 2021. Para pemain yang dipanggil gabungan dari timnas U-19, timnas U-22, dan pemain senior (usianya lebih dari 22 tahun). 

Pemain timnas U-19 yang masuk daftar pemain adalah Pratama Arhan, Amiruddin Bagas Kaffa, Braif Fatari, Irfan Jauhari, Natanael Siringoringo dan Saddam Gaffar. Sementara pemain senior yang dipanggil adalah Evan Dimas Darmono, Nadeo Argawinata, Dendy Sulistyawan, Kushedya Yudo, Miftahul Hamdi, Arif Satria dan Sidik Saimima.

Baca juga: Masuk Daftar 36 Pemain yang Dipanggil TC SEA Games 2021, Pratama Arhan Bersyukur

Program latihan akan dijalankan di Stadion Madya dan Hotel Fairmont. Para pemain yang dipanggil diwajibkan membawa paspor asli dengan masa aktif minimal sampai Juli 2022. Hal ini terkait dengan rencana PSSI untuk mengirimkan mereka ke Korea Selatan dan Uni Emirates Arab (UEA) menjalani program TC berikutnya untuk mematangkan persiapan menuju SEA Games 2021.

"Itu merupakan road map dari pelatih Shin Tae-yong dan Direktur Teknik PSSI (Indra Sjafri)," kata pelaksana tugas Sekretaris Jenderal PSSI Yunus Nusi kepada Antara di Jakarta, Jumat malam, 5 Februari 2021.

Yunus belum memberikan informasi mengenai detail rencana tersebut.

Mengenai alasan pemilihan lokasi TC di Korea Selatan dan UAE, Indra Sjafri mengatakan bahwa secara umum mempertimbangkan fasilitas dan lawan uji coba.

"Kami memilih tempat TC berfasilitas bagus dan (di sana) banyak calon lawan uji coba yang berkualitas," tutur Indra.

Sebelumnya, untuk persiapan menuju SEA Games 2021 yang bakal dihelat di Vietnam pada November-Desember nanti, PSSI telah menggelar pemusatan latihan pada Desember 2020 di Jakarta.

Mengacu para regulasi SEA Games 2019, setiap tim cabang olahraga sepak bola putra wajib diperkuat pemain berusia maksimal 22 tahun (U-22) dan sebanyak-banyaknya dua pemain senior berusia di atas 22 tahun.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan menargetkan timnas Indonesia bisa meraih medali emas di SEA Games 2021 di Vietnam, mengulangi pencapaian di SEA Games 1991.

Baca juga: Ketua PSSI Targetkan Timnas Indonesia Raih Medali Emas SEA Games 2021

Pria yang akrab disapa Iwan Bule telah menyampaikan target itu kepada Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali. "Sesuai dengan perintah atau permintaan Pak Menpora dan seluruh rakyat Indonesia, kami ditargetkan emas," kata Iwan Bule dalam konferensi pers virtual, Selasa, 2 Februari 2020.

Kini, di bawah pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae-yong, timnas U-22 diharapkan bisa membawa pulang medali emas SEA Games 2021 dari Vietnam dan mengakhiri puasa gelar sejak 1991.

PSSI | ANTARA


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT