Lombok Tengah Sempat Banjir, Apa Kabar Pembangunan Sirkuit Mandalika?
TEMPO.CO | 02/02/2021 19:50
Foto udara bentuk salah satu tikungan lintasan sirkuit saat pengerjaan lapisan atas badan jalan Mandalika MotoGP Street Circuit,  di The Mandalika, Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Ahad, 20 Desember 2020. Saat ini konstruksi Jalan Kawasan Khusus (JKK) ya
Foto udara bentuk salah satu tikungan lintasan sirkuit saat pengerjaan lapisan atas badan jalan Mandalika MotoGP Street Circuit, di The Mandalika, Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Ahad, 20 Desember 2020. Saat ini konstruksi Jalan Kawasan Khusus (JKK) yang dapat berfungsi sebagai sirkuit jalanan MotoGP ditargetkan rampung pada Juni 2021. ANTARA /Ahmad Subaidi

TEMPO.CO, Jakarta - PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) membeberkan kondisi kawasan Sirkuit Mandalika pasca Lombok Tengah direndam banjir.

Sekretaris Perusahaan ITDC, Miranti Nasti Rendranti, menuturkan guyuran hujan pada pekan lalu membuat beberapa titik di kawasan Sirkuit Mandalika sempat tergenang.

"Terkait info banjir di kawasan Mandalika, kami pastikan kawasan The Mandalika, khususnya lokasi Jalan Kawasan Khusus (JKK), dalam kondisi aman dan tidak begitu terdampak," ujar Miranti saat dihubungi Tempo, Selasa, 2 Februari 2021.

Menurut dia, pihak ITDC tengah melakukan pemeriksaan menyeluruh dan pemeliharaan atas kondisi infrastruktur dasar dalam kawasan khususnya sistem drainase. Miranti menuturkan langkah ini dilakukan guna menjaga sistem drainase agar tetap berfungsi dengan baik serta sebagai antisipasi kemungkinan hujan deras terjadi kembali.

Selain itu, kata dia, ITDC juga telah menerjunkan tim untuk melakukan pengecekan ke Desa-Desa Penyangga The Mandalika untuk melihat kondisi di lapangan serta memonitor kawasan terdampak.

“Kami turut prihatin dengan kondisi ini dan berharap tidak ada korban jiwa dan harta benda di Desa-Desa Penyangga The Mandalika akibat banjir di Lombok Tengah ini. Dan kami akan terus berkoordinasi dengan
pihak BPBD Kabupaten Lombok Tengah, Polres dan Pemerintah Daerah untuk memantau perkembangan kondisi di lapangan dan selalu siap membantu tim BPBD dalam menangani bencana ini,” kata dia.

Baca Juga: Respons Organisasi Angkat Setelah Ditegur Soal Portokol Kesehatan

Sebelumnya, Jadwal MotoGP 2021 telah dirilis, Indonesia diketahui masih menjadi cadangan lantaran Sirkuit Mandalika masih belum rampung pembangunannya. Untuk memastikan kesiapan sebagai tuan rumah MotoGP, rencana CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta akan memantau proses pembangunan Sirkuit Jalan Raya Mandalika di Lombok pada bulan Februari ini.

IRSYAN HASYIM


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT