Bank Papua Cairkan Dana Sponsor Persipura Jayapura Jika Liga 1 Diilanjutkan
TEMPO.CO | 07/01/2021 20:49
Jacksen F. Tiago. Instagram/@persipurapapua1963
Jacksen F. Tiago. Instagram/@persipurapapua1963

TEMPO.CO, JakartaBank Pembangunan Daerah (BPD) Papua menyatakan bakal merealisasikan dana sponsor yang sudah dialokasikan untuk Persipura Jayapura bila ada kepastian kelanjutan kompetisi Liga 1. Bank Papua akan mencairkan duit tersebut jika Liga 1 2020 dilanjutkan.

Pemimpin Divisi Sekretaris Perusahaan BPD Papua Erna Kapisa mengatakan BPD Papua tetap berkomitmen mendukung dan menjadi sponsor utama dalam kompetisi Liga 1 tahun 2020 yang diikuti Persipura.

Sesuai isi perjanjian kerjasama (PKS) yang disepakati bersama antara Bank Papua dengan PT. Persipura Papua (Persipura) pada 28 Februari 2020, Bank Papua menyetujui menjadi sponsor utama Persipura dalam mengikuti Kompetisi Liga 1 tahun 2020 dengan menyediakan dana sebesar Rp10 miliar.

Dana tersebut akan dicairkan secara bertahap yakni tahap I sebesar Rp5 miliar dilakukan pada saat kompetisi Liga 1 dimulai dan telah direalisasikan yakni pada 5 Maret 2020.
 
Pencairan tahap II sebesar Rp 3,5 miliar akan dilakukan setelah kompetisi Liga 1 tahun 2020 memasuki putaran ke-2 dan tahap III sebesar Rp1,5 miliar dilakukan apabila kompetisi Liga 1 tahun 2020 memasuki 3 (tiga) pertandingan terakhir.
 
Sehubungan dengan wabah COVID-19 yang mengakibatkan beberapa kegiatan olahraga nasional belum dapat dilaksanakan, salah satunya adalah kompetisi Liga 1 tahun 2020 dihentikan sementara oleh Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) dan Liga Indonesia Baru (LIB), kata Erna, pencairan dana sponsor tidak dilakukan.
 
Sebelumnya, Ketua Umum Persipura Benhur Tomi Mano mengakui, telah menghentikan seluruh aktivitas para pemain karena mengalami masalah pendanaan. Ia membenarkan bahwa sejak Rabu (6/1) telah menghentikan kegiatan seluruh pemain dan ofisial akibat kesulitan keuangan.
 
"Kesulitan itu disebabkan salah satu sponsor utama yakni BPD Papua belum mencairkan sisa kontrak sebesar Rp 5 miliar, sementara Persipura tetap membayar gaji para pemain dan ofisial," tambah Wali Kota Jayapura itu.

REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT