MP1 Gandeng Dorna Buat eSports MotoGP Seri Indonesia
TEMPO.CO | 09/12/2020 21:53
Pembalap Red Bull KTM Tech 3, Miguel Oliveira memacu kendaraannya di awal balapan MotoGP Portugal di Sirkuit Internasional Algarve, Portimao, Portugal, Ahad, 22 November 2020. REUTERS/Rafael Marchante
Pembalap Red Bull KTM Tech 3, Miguel Oliveira memacu kendaraannya di awal balapan MotoGP Portugal di Sirkuit Internasional Algarve, Portimao, Portugal, Ahad, 22 November 2020. REUTERS/Rafael Marchante

TEMPO.CO, Jakarta - Perusahaan manajemen olahraga asal Indonesia MP1 meneken kontrak multi-years dengan Dorna Sports untuk menggelar kompetisi MotoGP eSports Indonesian Series pada tahun 2021. Kejuaraan itu dirancang sebagai batu pijakan para gamer menuju WINDTRE Rising Stars Series, inisiatif Dorna untuk menemukan dan membina bakat-bakat eSports baru di seluruh dunia pada 2020.

Selain itu, MotoGP eSports Indonesian Series akan memberikan kesempatan para gamer untuk bersaing di MotoGP eSport Global Series tahun depan. Kejuaraan eSport MotoGP sendiri dimulai 2017 dan telah terbukti menjadi proyek yang sukses serta menjadi bagian penting portofolio Dorna Sports, sebagai pemegang hak komersial MotoGP.

Sejak kelahirannya empat tahun silam, kompetisi itu telah berkembang menjadi 23 tantangan online, dua Pro Draft, dan tujuh kegiatan di lokasi yang disiarkan langsung. Pada 2020, gelaran ini telah menarik lebih dari 60 juta penonton.

"Wajah olahraga dan cara banyak orang berpartisipasi telah berubah dalam kurun waktu yang cukup lama. Di sisi lain, situasi tahun ini sangat mempercepat perkembangan eSports," kata Managing Director Commercial & Creative MP1 Marissa Komala, dalam keterangan pers, Rabu, 9 Desember 2020.

Ia meneruskan, "Sebagai strategi kami untuk mengembangkan motorsport di Indonesia dan menargetkan talenta muda, kami telah menjalin kerja sama jangka panjang dengan Dorna untuk menjadi tuan rumah MotoGP eSports Seri Indonesia. Kami ingin enampilkan bakat-bakat dari pemain game terbaik Indonesia dan menggunakan seri domestik ini sebagai wadah masuk kompetisi global." kata Marissa.

MP1 juga telah menunjukkan komitmennya menggarap pasar MotoGP yang sangat besar di Indonesia dan awal bulan lalu meluncurkan kerjasama dengan Gresini Racing untuk menghadirkan brand Indonesian Racing di empat kelas yaitu MotoGP, Moto2, Moto3 dan MotoE mulai tahun depan. "Kami sangat sadar antusiasme para fans MotoGP di Indonesia sangat besar."

Managing Director Dorna Sports Pau Serracanta menegaskan komitmen Dorna dalam eSports di MotoGP yang terus berkembang. "Kesepakatan dan investasi MP1 dalam olahraga kami menjamin kesuksesan dari kompetisi nasional MotoGP eSport pertama kalinya, MotoGP eSport Indonesian Series," kata Serracanta.

Dua atlet esport Indonesia, Muhammad Mulkana dan Putut Maulana, telah unjuk kebolehan di MotoGP eSport Championship Global Series 2020 melawan sembilan gamer lainnya dari belahan dunia. Mulkana, yang memperkuat tim Petronas Yamaha dengan username Sanshoqueen finis peringkat 10 di klasemen akhir dengan raihan 67 poin.

Sedangkan kompatriotnya, yang membela tim LCR Honda, meraup 93 poin untuk mengakhiri musim kompetisi 2020 di peringkat tujuh. Gamer Spanyol Adrian Williams dari tim Red Bull KTM Factory Racing merebut titel Global Series tahun ini.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT