Shakhtar vs Real Madrid Malam Ini: Jadwal Live, Perkiraan Pemain, Prediksi Hasil
TEMPO.CO | 01/12/2020 14:40
Real Madrid. REUTERS/Juan Medina
Real Madrid. REUTERS/Juan Medina

TEMPO.CO, Jakarta - Pertandingan Shakhtar Donetsk vs Real Madrid akan tersaji pada matchday kelima Liga Champions Grup B, Rabu dinihari WIB, 2 Desember 2020. Real Madrid berpeluang lolos bila menang.

Inilah sejumlah hal terkait laga ini:

Jadwal Live

Laga itu akan berlangsung di NSC Olimpiyskiy Stadium, Kyiev, Ukraina, ini akan berlangsung mulai 00.55 WIB, disiarkan SCTV.

Jadwal selengkapnya di grup ini:
00:55 Shakhtar Donetsk vs Real Madrid (live SCTV)
03:00 Borussia Moenchengladbach vs Inter Milan.

Klasemen Grup B

No Tim Main Gol Poin 
1Gladbach4108
2Real Madrid427
3Shakhtar Donetsk4-94
4Inter4-32


Skenario buat Madrid

• Borussia Moenchengladbach akan lolos bila menang atas Inter Milan. Bila laga nanti bersakhir seri, tim asal Jerman itu akan tetap lolos asalkan dalam laga lain Shakhtar gagal menang atas Madrid.

• Real Madrid akan lolos bila menang atas Shakhtar. Bila hanya meraih hasil seri, posisi mereka belum aman karena pernah dikalahkan lawannya dengan skor 3-2 pada pertemuan pertama.

Baca Juga: Prediksi Shakhtar vs Real Madrid

• Shakhtar Donetsk akan menjaga peluangnya untuk lolos bila menang atas Madrid, atau setidaknya meraih hasil seri.

• Inter Milan akan tersingkir bila kalah di laga nanti. Bila mereka kalah dan Shakhtar menang, mereka juga akan gagal ke Liga Europa. Bila menang, mereka masih berpeluang lolos bila Real Madrid dikalahkan Shakhtar. Mereka memeiliki rekor head-to-head 2-0 dari Madrid.

Prediksi Susunan Pemain

Shakhtar Donetsk: Pyatov; Dodo, Bondar, Matviyenko, Marquinhos; Marlos, Stepanenko, Marcos Antônio; Tete, Júnior Moraes, Taison.
Absen: Korniienko (cedera), Ismaily (cedera), Konoplyanka (cedera), Khocholava (cedera), Kryvtsov (tidak disertakan).
Diragukan: Dentinho (cedera).

Real Madrid: Courtois; Lucas, Varane, Nacho, Mendy; Kroos, Casemiro; Rodrygo, Odegaard, Vinicius; Benzema.
Absen: Odriozola (cedera), Ramos (cedera), Valverde (cedera), Hazard (cedera).

Selanjutnya: Head-to-Head dan Prediksi

Rekor Pertemuan

Real Madrid dan Shakhtar Donetsk tercatat baru tiga kali bertemu. Real Madrid meraih dua kemenangan pada pertemuan pertama di musim 2015-2016. Akan tetapi pada laga di markas Shakhtar Donetsk mereka harus bekerja keras sebelum akhirnya meraih kemenangan 4-3.

Berikut hasil 3 laga sebelumnya Shakhtar Donetsk vs Real Madrid:
2015-2016 - Real Madrid vs Shakhtar Donetsk - 4-0
2015-2016 - Shakhtar Donetsk vs Real Madrid - 3-4
2020-2021 - Real Madrid vs Shakhtar Donetsk - 2-3.

Analisis dan Prediksi Hasil

Kehadiran Ferland Mendy dan Lucas Vazquez yang absen pada pertemuan pertama diyakini akan dapat meredam kecepatan pemain sayap Shakhtar Donetsk. Tete dan Solomon memang dianggap sebagai dua pemain yang paling berbahaya terutama dalam skema serangan balik.

Selain itu kembalinya Nacho diyakini juga bisa membuat lini belakang Real Madrid tampil lebih baik. Pada pertemuan pertama, bek Eder Militao dinilai membuat banyak kesalahan yang berujung pada tiga gol Shakhtar Donetsk.

Hanya saja, Zidane disebut masih harus membenahi ketajaman lini depannya. Pada laga kontra Alaves, lini depan Real Madrid dianggap terlalu banyak membuang peluang. Dari sembilan tembakan ke arah gawang, Real Madrid hanya mampu menyarangkan satu gol.

Begitu pun pada dua laga sebelumnya. Real Madrid dianggap menang beruntung setelah Inter Milan bermain dengan 10 pemain karena kartu merah yang didapatkan Arturo Vidal pada babak pertama. Mereka juga diuntungkan oleh gol bunuh diri Achraf Hakimi pada laga itu.

Jika dilihat secara seksama, lini serang Real Madrid hanya mampu mencetak empat gol dalam empat laga terakhirnya di semua kompetisi.

Kehadiran Karim Benzema dianggap sangat penting dalam laga kali ini. Penyerang asal Prancis itu merupakan pemain paling subur yang dimilki Zidane saat ini dengan telah mencetak enam gol dalam sebelas laga di semua kompetisi.

Jika Benzema dapat dimainkan, maka tampaknya Real Madrid akan memenangi laga kali ini. Akan tetapi Shakhtar Donetsk dipastikan tak akan mudah menyerah karena musim ini mereka praktis baru sekali menelan kekalahan di kandang dari semua kompetisi yang mereka ikuti.

UEFA| SPORT MOLE| TRANSFERMARKT | FEBRIYAN


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT