Repsol Honda Sebut Pemulihan Marc Marquez Lambat, Absen di Awal MotoGP 2021?
TEMPO.CO | 27/11/2020 11:47
Pembalap tim Repsol Honda Marc Marquez. (ANTARA FOTO/REUTERS/Sergio Perez/wsj).
Pembalap tim Repsol Honda Marc Marquez. (ANTARA FOTO/REUTERS/Sergio Perez/wsj).

TEMPO.CO, Jakarta - Bos tim MotoGP Honda Racing Team Alberto Puig mengakui proses pemulihan Marc Marquez berjalan lebih lambat dari yang diharapkan. Lambatnya proses itu membuat pembalap 28 tahun iitu harus absen sepanjang musim MotoGP 2020.

"Ini jelas merupakan proses yang lebih lambat dari yang kami harapkan dan tentu saja kami ingin semua berjalan lancar. Tapi semua sudah terjadi, tidak semua situasi terjadi seperti yang Anda harapkan atau tidak semua cedera berkembang seperti yang Anda inginkan," kata dia. dikutip dari Motorsport, Jumat, 27 November 2020.

Marc, juara dunia enam kali MotoGP itu, mengalami patah tangan kanan dalam kecelakaan saat putaran pembukaan musim 2020 MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez. Awalnya, ia disebut akan bergabung dalam balapan sepekan setelah kecelakaan. Namun, ia membutuhkan operasi kedua plat dalam tulang humerusnya rusak.

Meskipun Honda selalu mengungkap peluang Marc Marquez untuk kembali, tetapi hal itu tidak pernah kembali. Menurut Alberto, pemulihan Marc yang lambat juga turut membuat partisipasi pembalap Spanyol itu diragukan pada awal musim 2021. "Saya tidak dapat memberi tahu Anda sesuatu yang tidak saya ketahui karena, pertama-tama, saya bukan seorang dokter," kata dia.

Baca juga : Susunan Pembalap MotoGP 2021 Dirilis, Simak Daftar Lengkap dan Perubahannya

Ia meneruskan, “Semua saya jelaskan berdasarkan program yang kami putuskan bersama dengan dokter dan semoga berjalan lancar. Pada dasarnya, saya tahu kami telah mencoba menjelaskan situasi balapan demi balapan karena kami selalu berharap Marc akan bergabung selama musim berlangsung."

"Kami telah berusaha untuk menjaga situasi, tetapi pada akhir tahun, tidak ada waktu dan saat itulah kami mengumumkan hal itu tidak mungkin ia kembali. Kami berharap dalam pekan-pekan mendatang, kami bisa mengatakan pembalap kami sudah kembali fit sepenuhnya," ujarnya menambahkan.

Sejumlah laporan di media Spanyol, Oktober lalu, menyatakan Marquez mungkin membutuhkan operasi ketiga untuk menjalani cangkok tulang. Laporan dari El Pais Deportes Spanyol menyatakan Marquez akan mengambil keputusan apakah akan melakukan operasi ketiga pada 1 Desember.

Jika dia memilih operasi, waktu pemulihan enam bulan akan membuatnya absen pada awal musim MotoGP 2021. Absennya Marquez tahun ini berpengaruh untuk Honda. Tim HRC tidak satupun meraih kemenangan di MotoGP sejak 1982. HRC hanya sukses naik podium saat Alex Marquez menjadi runner up di MotoGP Prancis dan MotoGP Aragon.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT