Liga Inggris: Sulit Dapat Investor, Klub Bola Wigan Athletic Terancam Bubar
TEMPO.CO | 17/09/2020 20:32
Pemain Wigan Athletic, Will Grigg, melakukan selebrasi bersama rekan setimnya Max Power, setelah mencetak gol ke gawang Manchester City dalam pertandingan babak kelima Piala FA di Stadion  DW, Wigan,  20 Februari 2018.  REUTERS/Andrew Yates
Pemain Wigan Athletic, Will Grigg, melakukan selebrasi bersama rekan setimnya Max Power, setelah mencetak gol ke gawang Manchester City dalam pertandingan babak kelima Piala FA di Stadion DW, Wigan, 20 Februari 2018. REUTERS/Andrew Yates

TEMPO.CO, JakartaWigan Athletic kesulitan mendapatkan investor akibat pandemi COVID-19 sehingga terancam wound-up (masuk proses pembubaran usaha atau perusahaan) seperti dialami Macclesfield Town, kata salah seorang administratur klub divisi tiga Liga Inggria itu seperti dikutip Reuters.

Macclesfield terdegradasi ke divisi empat Inggris tahun ini dan dinyatakan masuk proses wound-up atau pembubaran usaha di Pengadilan Tinggi karena utang sebesar 500.000 pound (Rp 9,6 miliar).

Baca Juga: Berita Bola: Diarahkan Pelatih di Luar Negeri, Estudiantes Bangkit dan Menang

Wigan masuk dalam pengawasan bisnis pada Juli yang kurang dari satu bulan setelah diambil alih oleh sebuah mitra, yang diketuai merupakan pengusaha Hong Kong Au Yeung Wai Kay, dan harus dikurangi 12 poin yang membuat klub itu degradasi ke divisi tiga (League One) Liga Inggris.

Paul Stanley, Gerald Krasner dan Dean Watson dari Begbies Traynor ditunjuk sebagai administrator bersama Wigan yang pernah bercokol delapan musim di Liga Premier sebelum degradasi pada 2013 dalam tahun mereka menjuarai Piala FA.

"Pandemi sudah jelas tidak menguntungkan kami," kata Stanley kepada The Guardian. "Wigan dalam beberapa hal mirip dengan Macclesfield, Bury dan Bolton untuk perkara itu."

"Cuma mereka agak sedikit dekat kepada tim-tim besar di Manchester, dan sudah mengalami kesulitan keuangan manakala stadion mereka masih terbuka untuk penggemar."

Baca Juga: Tottenham Dapatkan Gareth Bale, Berbatov: Lini Serangnya Akan Saingi Liverpool

"Macclesfield ...bisa saja terselamatkan jika ada investor membawa sekitar 150 ribu pound. Klub itu bisa terbeli pada harga sebesar itu, tetapi akhirnya tak ada yang menginginkannya."


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT