Xavier Mbuyamba, Target Chelsea yang Dijuluki The New Virgil van Dijk
TEMPO.CO | 11/08/2020 21:40
Xavier Mbuyamba bersama tim nasional U-19 Belanda. Sumber: Instagram @mbuyamba.x
Xavier Mbuyamba bersama tim nasional U-19 Belanda. Sumber: Instagram @mbuyamba.x

TEMPO.CO, JakartaChelsea belum habis akal mendatangkan pemain untuk persiapan memasuki musim kompetisi yang baru. Kali ini, The Blues menarget Xavier Mbuyamba untuk memperkuat barisan pertahanan mereka. Chelsea semakin rapat mendekati bek berusia 18 tahun setelah Mbuyamba dikabarkan membatalkan kontraknya dengan sejumlah klub raksasa La Liga.

Dikutip dari The Sun, Selasa, 11 Agustus 2020, Xavier Mbuyamba sering dijuluki disebut sebagai The New Van Dijk. Ia adalah didikan Akademi La Masia, Barcelona. Postur badan yang tinggi dan gayanya yang tenang di barisan pertahanan, membuat sejumlah klub membandingkannya dengan bintang Liverpool dan tim nasional Belanda, Virgil Van Dijk.

Seperti standar pemain asal Belanda yang datang melalui sistem dua klub dengan bibit pemain yang moncer seperti Ajax Amsterdam dan PSV Eindoven, Mbuyamba dianggap memiliki bakat sebagai pesepakbola. Tetapi,, dia diabaikan oleh tim nasional di tingkat junior juga. "Aneh, mereka tidak pernah datang, tapi hal yang sama berlaku untuk KNVB," kata Mbuyamba kepada stasiun TV Belanda RTL, dikutip dari The Sun, Selasa, 11 Agustus 2020.

Xavier Mbuyamba menambahkan, "Saya dipanggil untuk pertama kalinya ke skuad U-19 pada November 2019. Staf langsung mengatakan bahwa mereka menganggap aneh karena saya belum pernah diperhatikan sebelumnya."

Mbuyamba melakukan debutnya pada usia 16 tahun di klub divisi dua Belanda, MVV Maastricht. Direktur Akademi Barcelona Patrick Kluivert mengundangnya untuk uji coba di La Masia. Chelsea juga tidak mau ketinggalan. Mereka menawarinya untuk berlatih dengan klub asal London Barat selama seminggu. Tapi, terpengaruh oleh prospek tampil di tim B Barcelona dan tim utama, Mbuyamba memilih pindah ke Spanyol pada 2019.

Harapan Mbuyamba untuk menjadi pemain klub Catalan itu terhenti ketika tim Barcelona B menolak memberinya peran sebagai starter. Namun, kesenjangan antara La Masia dan tim B Barca disebut-sebut menjadi salah satu alasan minimnya peluang Mbuyamba di level yang lebih tinggi.

Dia juga berharap kesepakatan pinjaman akan membantunya mendapatkan pengalaman tim utama. Tetapi Barcelona melihatnya secara berbeda. Awalnya, mereka menuntut sekitar 1,8 juta poundsterling untuk mendapatkan bakatnya, tetapi kontraknya dibatalkan dengan persetujuan bersama. Mbuyamba berstatus bebas.

Chelsea disebut-sebut menjadi satu dari empat klub Liga Inggris yang pernah mengajukan tawaran kepadanya. Selain itu, Real Madrid, Juventus dan klub raksasa Eropa lainnya juga memantau perkembangan Mbuyamba. Mereka bisa saja mendapatkan karakter khas Xavier Mbuyamba termasuk cepat sebagai pemain bertahan, mampu menguasai bola, dan percaya diri memainkan bola di luar pertahanan.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT