Cerita dari Voting Soal Aturan 3 Pergantian Pemain di Liga Inggris
TEMPO.CO | 08/08/2020 11:43
Logo Liga Primer Inggris
Logo Liga Primer Inggris

TEMPO.CO, Jakarta - Klub-klub Liga Inggris (Premier League) telah memutuskan untuk kembali memakai aturan pergantian 3 pemain dengan 7 pemain di bangku cadangan untuk musim depan. Mereka sepakat meninggalkan aturan pergantian 5 pemain yang diterapkan untuk mengantisipasi jadwal padat selama pandemi Covid-19.

Keputusan itu diambil lewat pemungutan suara yang dilakukan secara virtual pekan ini. Menurut laporan The Sun, 20 klub berbeda sikap soal pilihan itu.

Proposal untuk tetap memakai aturan pergantian lima pemain diajukan oleh Chelsea. Proposal itu didukung oleh papan atas Premier League.

Juni lalu Chelsea pula yang yang mengusung proposal ini, yang sudah diizinkan FIFA. Kala itu usulan tersebut disokong 16 suara berbanding 4.

Namun dalam rentang dua bulan terlihat bagaimana hal telah berubah. Komentar publik untuk bos Aston Villa Dean Smith yang mengklaim bahwa aturan itu lebih menguntungkan klub enam besar klasemen, mempengaruhi mayoritas klub. Hal itu tercermin dari penolakan mereka dalam voting yang dilakukan pekan ini.

Leeds United, yang baru promosi, diketahui telah mendukung untuk mempertahankan bangku yang berisi 9 orang, tetapi bergabung dengan sesama tim baru West Brom dan Fulham dalam menolak 5 penggantian pemain.

Di bawah aturan Liga, 14 suara harus mendukung setiap perubahan aturan agar dapat diadopsi dan hasilnya. SunSport juga menemukan bahwa tidak ada suara yang mendukung usulan untuk membatalkan VAR, yang sempat dimunculkan West Ham.

THE SUN | FARID NURHAKIM


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT