MotoGP, Andrea Dovizioso Berharap Cedera Tak Pengaruhi Performa
TEMPO.CO | 17/07/2020 04:54
Pembalap Tim Ducati Andrea Dovizioso, melakukan selebrasi setelah berhasil memenangkan GP Austria di Red Bull Ring, Spielberg, Austria, 11 Agustus 2019. Kemenangan Dovizioso atas Marquez di tikungan terakhir juga pernah terjadi pada MotoGP Austria 2017. R
Pembalap Tim Ducati Andrea Dovizioso, melakukan selebrasi setelah berhasil memenangkan GP Austria di Red Bull Ring, Spielberg, Austria, 11 Agustus 2019. Kemenangan Dovizioso atas Marquez di tikungan terakhir juga pernah terjadi pada MotoGP Austria 2017. REUTERS/Lisi Niesner

TEMPO.CO, Jakarta - Pembalap Ducati Andrea Dovizioso berharap tidak terjadi masalah pada tulang selangka pada seri pembuka MotoGP di Sirkuit Jerez, Spanyol, akhir pekan ini. Menurut dia, balapan seri perdana itu akan menjadi tantangan fisiknya yang berat seusai operasi tulang selangka akibat kecelakaan balapan motorcross di Italia, akhir Juni lalu.

"Cedera saya sangat baik dan selama dua minggu terakhir kami telah bekerja dengan cara yang sempurna. Sehari setelah operasi saya sudah bisa bergerak dengan mudah dan saya tidak merasa sakit saat berada di atas motor," kata dia, dikutip dari Crash, Kamis, 16 Juli 2020.

Dovizioso menjalani operasi pada malam yang sama seusai kecelakaan. Piringan dan enam sekrup dimasukkan untuk memperbaiki tulang selangkanya. Setelah menguji kondisi fisiknya, Dovizioso kembali selama dua sesi tes resmi MotoGP yang diadakan di Jerez pada hari Rabu lalu.

Andrea Dovizioso bercerita bahwa, "Sehari setelah operasi saya bisa menggerakkan lengan saya. Jika saya mengambil satu minggu untuk memindahkannya, saya akan memiliki banyak otot di bahu. Tetapi saya telah bekerja sangat keras selama tiga bulan, sehingga tiga minggu ini aku merasa rasa sakitku hilang."

Setelah mengendarai go-kart untuk memastikan pemulihannya berjalan sesuai rencana, ia mengikuti tes balap dan bersiap menghadapi panasnya suhu Sirkuit Jerez akhir pekan ini. "Suhunya tidak bisa dipercaya dan mungkin suhu lintasannya bisa lebih panas daripada yang pernah terjadi di Malaysia," kata Dovizioso, yang berada di posisi 12 di sesi lintasan terakhir pada hari Rabu. "Balapan ini itu akan sangat sulit bagi semua orang."

Meski begitu, Dovizioso merasa senang dengan persiapan tim menjelang sesi latihan bebas, kualifikasi, dan balapan. Menurut dia, persiapan ban motor akan menjadi kunci untuk mendapatkan poin pembuka di balapan nanti. "Waktu saya dengan ban bekas tidak buruk tetapi tidak sebagus yang lain. Tes balap banyak membantu kami karena saat pramusim di Qatar kami merasa siap untuk mendapatkan podium namun trek saat ini berbeda," kata dia.

Dovizioso, yang belum menandatangani kontrak untuk musim 2021, juga mengatakan telah memiliki strategi sederhana untuk musim MotoGP yang padat tahun ini. Ambil poin maksimum di mana-mana. Saya akan mendorong 100 persen setiap kali saya berada di jalur," ujar dia. Adapun rekan setimnya, Danilo Petrucci, melewatkan sebagian besar sesi sore setelah kecelakaan yang disebabkan oleh tumpahan minyak yang membuat lehernya mengalami cedera.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT