Hasil Formula 1 Styria, Mercedes Rebut Juara 1 dan 2
TEMPO.CO | 13/07/2020 02:53
Pembalap Mercedes Lewis Hamilton menjadi yang pertama mencapai garis finis balapan F1 GP Steiermark di Sirkuit Red Bull, Spielberg, Styria, Austria, Ahad, 12 Juli 2020.  Joe Klamar/REUTERS
Pembalap Mercedes Lewis Hamilton menjadi yang pertama mencapai garis finis balapan F1 GP Steiermark di Sirkuit Red Bull, Spielberg, Styria, Austria, Ahad, 12 Juli 2020. Joe Klamar/REUTERS

TEMPO.CO, Jakarta - Dua pembalap tim Mercedes, Lewis Hamilton dan Valtteri Bottas berhasil meraih podium satu dan dua pada seri balapan Formula 1 Styria, di Sirkuit Red Bull Ring, Austria, Ahad malam 12 Juli 2020. Hamilton berhasil membayar tuntas kegagalannya meraih gelar juara pada pekan sebelumnya.

Lewis Hamilton mengawali balapan posisi start terdepan. Dia tanpa kesulitan berarti menunjukkan kekuatan Mercedes W11, yang sempat dihantui masalah sensor girboks di sepanjang seri pembuka akhir pekan lalu di mana ia finis P4 karena mendapat penalti.

Pebalap Red Bull Max Verstappen yang menjadi juara di Austria pada dua musim sebelumnya sempat menduduki posisi kedua sepanjang balapan. Namun di sekitar 6 putaran terakhir di mengeluhkan mobil Red Bull RB16 yang sulit dikendalikan dan kondisi ban yang cukup aus enam.

Valtteri Bottas yang menjadi juara balapan pekan lalu, tanpa kesulitan menyalip Verstappen di lap ke-67 untuk mengamankan finis runner-up, 13,719 detik setelah Hamilton.

Verstappen terpaksa masuk pit untuk berganti ban tiga lap jelang finis dan masih mampu mengamankan finis podium di tempat ketiga diikuti oleh rekan satu timnya, Alexander Albon di Posisi keempat.

Nasib apes dialami oleh tim Ferrari. Kedua pembalap mereka, Charles Leclerc dan Sebastian Vettel sempat saling tabrak. Alhasil keduanya harus masuk garasi lebih cepat dan tak menyelesaikan balapan.

Hasil itu membuat pembalap tim Mercedes menguasai klasemen pembalap di awal musim ini. Valtteri Bottas berada di puncak dengan 43 angka sementara Hamilton berada di posisi kedua dengan 37 angka.

Pada klasemen konstruktor, Mercedes juga menempati posisi teratas dengan perolehan 80 angka. Tim McLaren Renault berada di posisi kedua dengan 39 angka dan Red Bull Racing Honda di posisi ketiga dengan 27 angka.

FORMULA 1


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT