PSSI Ikuti Target Jokowi, Lolos Fase Grup Piala Dunia U-20
TEMPO.CO | 03/07/2020 20:50
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan. (pssi.org)
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan. (pssi.org)

TEMPO.CO, Jakarta - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia atau PSSI mematok target bagi tim nasional untuk bisa melewati fase grup pada Piala Dunia U-20 2021. "Kita minimal bisa masuk 16 besarlah, syukur-syukur nanti bisa ke babak 8 besar," kata Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, dalam konfrensi pers di Kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga, Jakarta, Jumat, 3 Juli 2020.

Untuk mewujudkan target menembus babak 16 besar, Iriawan telah meminta Pelatih Timnas, Shin Tae-yong menyusun jadwal uji coba dengan beberapa tim kuat. Ia sudah meminta juru taktik asal Korea Selatan itu menyusun jadwal pemusatan latihan untuk menyesuaikan kalender internasional yang dikeluarkan oleh FIFA.

"Makanya 2-3 hari ini, saya bisa berkomunikasi dan saya harap Shin Tae-yong bisa ada di sini, sehingga program-program yang disampaikan dalam roadmap terbaru dapat terlaksana," ucap Iriawan yang juga mantan Kapolda Metro Jaya itu.

Target menembus babak penyisihan grup Piala Dunia U-20 pada 2021 itu sesuai dengan keinginan dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Sebelumnya, Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainuddin Amali, mengungkapkan harapan Jokowi setelah menggelar rapat terbatas persiapan Piala Dunia U-20 2021 bersama Ketua Umum PSSI Mochamad Irawan dan beberapa kementerian lain di Istana Negara.

Saat itu, Amali mengatakan bahwa Indonesia harus memaksimalkan posisinya sebagai tuan rumah. "Presiden berharap maksimal, tidak hanya sampai babak penyisihan, sebab kita lolos sebagai tuan rumah bukan lewat kualifikasi. Jadi harus benar-benar dimanfaatkan. Itu lah kenapa harapannya harus semaksimal mungkin, tapi tetap harus realistis hasilnya," ujarnya.

Target menembus fase grup juga bukan hal mudah. Namun, jika dibandingkan dengan ekspektasi Presiden Jokowi, jauh sebelum itu, PSSI mempunyai target yang lebih tinggi, yakni bisa tembus delapan besar bahkan semifinal Piala Dunia U-20.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT