George Russell Juarai Balapan Formula 1 Virtual GP Monako
TEMPO.CO | 25/05/2020 03:55
Pembalap muda asal Inggris, George Russell. (dailymail.co.uk)
Pembalap muda asal Inggris, George Russell. (dailymail.co.uk)

TEMPO.CO, Jakarta - Pembalap tim Williams, George Russell, tampil dominan dan menjuarai balapan Formula 1 virtual di Grand Prix Monako virtual, Senin dini hari. Itu merupakan kemenangan beruntun bagi Russell, asal Inggris, setelah sebelumnya menjuarai seri virtual di Catalunya dua pekan lalu.

Balapan sepanjang 39 putaran di jalanan Monako itu diawali dengan sesi kualifikasi yang diguyur hujan. Pietro Fittipaldi merebut pole position dari Russell di menit-menit terakhir.

Namun, start dari posisi terdepan di saat trek telah mengering tidak mampu dimanfaatkan dengan baik oleh sang pembalap tim Haas itu yang harus kehilangan posisinya setelah tersalip tiga pembalap di lap pertama.

Russell mengambil alih pimpinan lomba sejak lap pembuka, dibayangi duet kakak beradik Leclerc, Arthur dan Charles, yang memperkuat Ferrari.

Melihat karakteristik sirkuit jalan raya yang sempit dan terkenal sulit untuk melakukan overtake itu, Russell diuntungkan oleh posisinya hingga dengan mudah memperlebar jaraknya dari para pembalap lainnya.

Russell pun mampu memaksimalkan ban medium yang ia gunakan untuk melahap 27 putaran, dengan keunggulan 32 detik dari Charles, sebelum masuk ke pit berganti ban soft -- kompon tercepat -- untuk menyelesaikan 12 lap terakhir tanpa perlawanan berarti.

Tiga lap terakhir menjadi ajang pertarungan ketat antara Charles Leclerc dan Esteban Gurierrez yang memperebutkan posisi runner-up.

Namun, Leclerc kehilangan kendali mobilnya setelah keluar dari terowongan menuju Nouvelle Chicane dan harus merelakan tempat kedua direbut oleh sang pembalap Mercedes yang finis dengan margin 39,017 detik di belakang Russell.

Leclerc harus puas dengan peringkat tiga di kampung halamannya itu. Sang adik, Arthur, finis tak jauh di peringkat lima setelah Alexander Albon dari tim Red Bull.

Fittipaldi finis di urutan keenam, di depan Lando Norris dari tim McLaren dan Nicholas Latifi dari tim Williams. Pembalap tim Haas Louis Delatraz dan David Schumacher dari tim Racing Point melengkapi peringkat 10 besar hari itu.

Dalam debut balap virtualnya, Valtteri Bottas finis di urutan ke-11 untuk Mercedes setelah tabrakan di lap pertama mengirimnya ke belakang grid.

Esteban Ocon juga untuk pertama kalinya ambil bagian namun karena masalah teknis sang pembalap Renault itu tak bisa menjalani balapan.

Seri keenam balap virtual F1 itu diramaikan juga oleh kiper Real Madrid Thibaut Courtois yang finis urutan ke-14 untuk Alfa Romeo, bintang Arsenal Pierre-Emerick Aubameyang, pelantun lagu "Despacito" Luis Fonsi dan juga peselancar Kai Lenny.

Balap virtual itu digelar Formula 1 untuk menggantikan Grand Prix Monako 2020 yang seharusnya digelar akhir pekan ini namun batal karena pandemi virus corona.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT