Ini Koleksi Mobil Mewah Mike Tyson di Masa Jayanya
TEMPO.CO | 18/05/2020 20:41
Mike Tyson dan mobil Rolls-Royce Silver Spur 1986 (autojosh.com)
Mike Tyson dan mobil Rolls-Royce Silver Spur 1986 (autojosh.com)

TEMPO.CO, Jakarta - Mike Tyson sebagai salah satu petinju terbesar di kelas berat, meraup bayaran raksasa sepanjang kariernya. Di puncak kejayaannya, ia diperkirakan memiliki kekayaan sampai 300 juta dolar atau sekitar Rp 4,4 triliun

Pada 2002, setelah kekalahannya dari Lennox Lewis, kekayaan Tyson mengalami penurunan signifikan. Setahun kemudian, ia bahkan mengajukan pailit. Ia pun menjual rumah dan koleksi mobil mewahnya.

Menurut laman Autojosh.com,  April 2019, semasa jayanya Iron Mike antara lain mempunyai beberapa Rolls-Royces, Range Rover, Porsche, Jaguar, Aston-Martin Lagonda, BMW, Cadillac Escalade, dan Lamborghini. 

Berikut ini beberapa koleksinya:
 
Cadillac Eldorado

Tyson masuk profesional pada 1985. Setelah memenangkan 19 pertarungan pertamanya, ia dipuji sebagai "anak emas". Untuk menyamai reputasinya, ia membeli  Cadillac Eldorado warna emas. Ini adalah mobil pertama hasil keringatnya di atas ring.

Cadillac Seville

Setelah kematian pelatihnya yang berpengaruh - Cus D'Amato - pada bulan November 1985, Jim Jacobs mengambil alih sebagai pelatih Tyson. Jacobs membelikan Tyson Cadillac Seville. Cita rasa awal mobil mewah ini memicu hasrat Tyson pada mobil.
 
Rolls-Royce Silver Spur

Pada 1986, setelah mengalahkan James Smith untuk mengklaim gelar WBA, Tyson mengunjungi dealer mobil mewah. Dia memberi tahu dealer bahwa dia menginginkan Rolls-Royce.

Jacobs mencoba menghentikannya dan mengingatkan bahwa ia harus menunda pembelian sampai berusia 21 tahun. Tyson kembali ke dealer pada 30 Juni 1987, tepat di hari ulang tahunnya yang ke 21, untuk membeli Rolls-Royce Silver Spur biru. Mobil itu harganya Rp 1,7 miliar.
 
Rolls-Royce Corniche

Pada 1987, setelah mengalahkan Tony Tucker untuk mengklaim sabuk IBF untuk menambah dua gelar yang sudah di tangan, Tyson menghadiahi dirinya dengan Rolls-Royce Corniche seharga Rp 2,4 miliar.
 
Rolls-Royce Stretch Limousine

Jaguar XJ220, Bentley Continental T, Rolls-Royce Stretch Limousine

Pada tahun 1988, setelah Tyson menabrakkan Bentley convertible-nya, promotor tinju Don King membelikannya dua mobil mewah: Rolls-Royce Stretch Limousine hitam seharga Rp 2,9 miliar dan Corniche gading.
 
Mercedes-Benz SL-Class 560SL

Setelah mengalahkan Frank Bruno pada 1989, Tyson menghadiahi dirinya dengan Mercedes-Benz SL-Class 560SL putih. Dilaporkan bahwa mobil V8 5,6 liter adalah favorit teman Tyson, rapper Tupac Shakur. Tupac diyakini telah mempengaruhi pembelian mobil Tyson. Mobil ini memiliki kecepatan tertinggi sekitar 137 mil per jam dan datang dalam versi Hard Top dan Soft Top.
 
Mercedes Benz 500 SL


Pada Februari 1990, James ‘Buster’ Douglas mengalahkan Tyson. Ini menyebabkan Tyson kehilangan 3 gelar yang dipegangnya. Apapun, pada bulan Juni tahun yang sama, Tyson menghibur dirinya dengan Mercedes Benz 500 SL 1990.

Mobil dilengkapi dengan ponsel, yang saat itu merupakan sebuah kemewahan. Beberapa hari sebelum pertarungannya dengan saingan amatir, Henry Tillman, mobil itu disita oleh polisi.
 
Ferrari F50 dan Ferrari 456 GT Spyder

Pada 90-an, Tyson kembali ke ring setelah menjalani hukuman penjara karena pemerkosaan. Dia mengalahkan Frank Bruno untuk mendapatkan kembali gelar WBC-nya.

Ferrari F50 and Ferrari 456 GT Spyder

Dengan mendapat bayaran besar lagi, kegemarannya akan mobil mewah kambuh. Dia membeli  Ferrari F50 1995 dan Ferrari 456 GT Spyder - dalam satu paket.

GT Spyder adalah produksi khusus terakhir 456 yang diproduksi sebagai mobil convertible dalam jumlah terbatas. Dua model mobil ini dibuat secara khusus oleh Pininfarina: satu untuk Sultan Brunei dan satu untuk Tyson.
 
Aston-Martin Lagonda

Mike Tyson juga menyukai mobil klasik. Dia memiliki Aston-Martin Lagonda. Mobil ini dibangun oleh Aston Martin dari Newport Pagnell, Inggris, antara tahun 1974 dan 1990. Hanya 645 yang diproduksi.

Mobil ini memiliki mesin 5,3 liter DOHC V8, menghasilkan 280 hp dan memiliki kecepatan tertinggi 240 km / jam dan kecepatan akselerasi 0–60 mph dalam 6,2 detik. Aston-Martin Lagonda klasik harganya sekitar Rp 2,9 miliar.
 
Bentley Continental T

Evander Holyfield mengalahkan Tyson pada 1996. Pertandingan ulang dijadwalkan. Ini menjadi salah satu pertandingan ulang yang paling ditunggu-tunggu dalam sejarah tinju.

Sebelum pertarungan kedua yang terkenal karena Tyson menggigit telinga Holyfield, ia membeli Bentley Continental T pada 1997 berharga Rp 7,4 miliar.

Mobil ini dianggap sebagai era Bentley buatan tangan terakhir. Mobil dengan mesin injeksi turbocharged 6,75 liter otoritatif dengan 426hp dan torsi maksimum 645 lb-ft. Hanya 73 unit mobil ini diproduksi.
 
Lamborghini Diablo VT Roadster

Pada tahun 1996, Tyson mempertahankan gelar WBA-nya dalam kemenangan kontroversial atas Bruce Seldon. Pada malam yang sama, temannya, Tupac Shakur, secara tragis ditembak dan dibunuh.

Ia menghadiahi dirinya sendiri dengan Lamborghini Super Turbo kuning. Seri ini hanya dibuat tujuh buah dan dibanderol Rp 2,2 miliar.

Jaguar XJ220

Jaguar XJ220 dianggap sebagai salah satu supercar tercepat yang ada. Iron Mike Tyson memiliki satu.

AUTOJOSH | HOTCARS | BOXREC


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT