Balap Mobil F1 Virtual: Red Bull Kalahkan Ferrari di Interlagos
TEMPO.CO | 04/05/2020 03:12
Tangkapan layar siaran balap mobil F1 virtual di Interlagos, Brasil, Minggu 3 Mei 2020. (ANTARA/Aditya E.S. Wicaksono)
Tangkapan layar siaran balap mobil F1 virtual di Interlagos, Brasil, Minggu 3 Mei 2020. (ANTARA/Aditya E.S. Wicaksono)

TEMPO.CO, Jakarta - Pembalap tim Red Bull, Alexander Albon, meraih kemenangan perdananya dalam ajang Grand Prix F1 virtual setelah menjuarai seri keempat yang digelar di sirkuit virtual Interlagos, Brasil, Minggu 3 Mei 2020. Albon mematahkan dominasi pembalap Ferrari Charles Leclerc yang memenangi dua seri sebelumnya.

Albon memetik kemenangan berkat startegi pitstop dan penampilan minim kesalahan yang sukses dijalankannya dalam balapan sepanjang 36 putaran--separuh jumlah putaran dalam lomba sebenarnya. Adapun Leclerc harus puas finis peringkat ketiga dan berada di posisi runner up adalah pembalap tim Williams, George Russell.

"Setelah usai, saya gemetar karena saya rasa Charles sangat cepat, tapi saya rasa saya punya strategi yang lebih baik," kata Albon setelah balapan usai.

Lomba virtual itu menggantikan jadwal jatah Sirkuit Zandvoort di Belanda menggelar Grand Prix FI yang sesungguhnya. Balapan jet darat di sirkuit aspal itu, seperti halnya ajang banyak olahraga lainnya, terpaksa ditunda karena pandemi virus corona COVID-19.

Balap virtual yang resmi digelar F1 itu, pada seri keempatnya, menggunakan layout sirkuit Interlagos karena Zandvoort belum tersedia dalam versi video game F1 2019. 

Setelah babak kualifikasi selama 18 menit, pembalap Formula E, Stoffel Vandoorne dari tim Mercedes, berhak start dari pole position. Namun, mantan pembalap F1 itu justru kehilangan traksi sehingga Albon melesat melewati empat pembalap di depannya untuk memimpin lomba.

Sang pembalap Red Bull bersaing ketat dengan Leclerc sejak lap tiga. Keduanya silih berganti mengambil alih posisi terdepan, mengulangi duel ketat mereka di seri sebelumnya di layout sirkuit Cina.

Dengan performa mobil yang disamakan, Leclrec memutuskan untuk melawan Albon dengan ban keras setelah masuk pit lebih awal di lap ke-13. Albon, sementara itu, berganti kompon medium tiga lap berselang.

Tak terhitung berapa kali mereka saling bergantian memimpin lomba hingga finis. Namun sial bagi Leclerc karena di lap ke-23 melanggar batas trek sehingga diganjar penalti tambahan waktu tiga detik.

Kendati finis kedua setelah Albon, Leclerc harus rela melorot ke peringkat tiga gara-gara penalti itu. "Setelah 35 lap kemungkinan ada 20 overtake, atau 25? Saya tak ingat angka pastinya," kata Leclerc.

Namun dia menambahkan, mengaku tak terlalu memikirkan nasib buruknya itu. "Karena saya hanya ingin bersenang-senang. Saya sangat menikmati balapan ini, ini waktu yang menyenangkan," kata dia.

Seri keempat balap virtual F1 turut diramaikan oleh legenda reli asal Norwegia Petter Soldberg, bintang kriket Inggris Ben Stokes dan Stuart Board, serta kapten tim AC Milan Alessio Romagnoli.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT