MotoGP Virtual: Penuh Drama di Jerez, Vinales Juara
TEMPO.CO | 03/05/2020 23:30
 MotoGP membuat ajang balapan virtual untuk mengobati kerinduan para penggemar sekaligus mengisi kekosongan jadwal musim 2020 yang terdampak wabah corona, Minggu, 29 Maret 2020. (motogp.com)
 MotoGP membuat ajang balapan virtual untuk mengobati kerinduan para penggemar sekaligus mengisi kekosongan jadwal musim 2020 yang terdampak wabah corona, Minggu, 29 Maret 2020. (motogp.com)

TEMPO.CO, Jakarta - Pembalap Spanyol, Maverick Vinales, meraih kemenangan pertamanya di seri Grand Prix MotoGP yang dilombakan secara virtual, Minggu 3 Mei 2020. Vinales juara seri ketiga seri virtual itu di sirkuit Jerez-Angel Nieto, Spanyol.

Vinales mempersembahkan kemenangan pertama bagi tim Monster Energy Yamaha itu dalam balapan yang disiarkan langsung lewat sejumlah kanal media sosial itu. Lomba hari ini juga merupakan jatah Jerez menggelar Grand Prix MotoGP jika saja pandemi virus corona tidak memaksa musim kompetisi tertunda.

Di versi virtual, Alex Marquez dari tim Repsol Honda finis runner-up di balapan sepanjang 13 putaran tersebut. Diikuti di belakang keduanya adalah Francesco Bagnaia dari tim Pramac Racing. Marquez dan Bagnaia masing-masing adalah juara seri virtual perdana dan kedua. 

Sementara itu, start dari pole position bukan menjadi jaminan bagi pembalap tim Petronas Yamaha SRT Fabio Quartararo untuk bisa naik podium. Dia bahkan terpaksa minggir setelah terlibat tabrakan denga sejumlah pembalap lain di tikungan pertama. 

Bagnaia yang start dari P3 mampu menghindarkan dirinya dari gravel tikungan pertama untuk melesat ke depan. Hanya butuh empat putaran baginya untuk memperlebar jaraknya menjadi enam detik dari Alex Marquez.

Maverick Vinales kehilangan waktu karena terjatuh di lap pertama namun dengan stabil mengejar tiga pembalap terdepan. Bagnaia nyaris tampil dominan namun jelang lap ke-11, pembalap asal Italia itu terjatuh sehingga kehilangan posisinya.

Vinales yang terlebih dahulu diuntungkan dengan jatuhnya Alex Marquez di lap yang sama, langsung mengambil alih pimpinan lomba hingga finis. "Start balapan ini sangat buruk karena aku terjatuh di tikungan pertama dan kemudian terjatuh lagi," kata Vinales pasca lomba virtual itu.

Dia mengatakan tak menyangka Bagnaia dan Marquez juga membuat kesalahan dan dia menjadi diuntungkan. Kemenangan itu melengkapi konsistensi Vinales yang selalu naik podium di dua seri sebelumnya. "Aku menikmati balapan ini dan berharap para pembalap lainnya serta mereka yang ada di rumah juga menikmati."

Para pembalap berkompetisi di lomba virtual seri ketiga di Jerez Ini menggunakan video game MotoGP 20,yang baru saja dirilis. Dalam dua seri sebelumnya, mereka masih menggunakan versi tahun lalu.

Seri balapan virtual kali ini juga untuk pertama kalinya melombakan kelas Moto2 dan Moto3. Lorenzo Baldassari dari tim Flexbox 40 menjuarai seri pertamanya di kelas Moto2, sedangkan trofi kelas Moto3 hari itu jatuh ke tangan Gabriel Rodrigo dari tim Kömmerling Gresini Moto3.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT