3 Berita Olahraga Terpopuler: Tinju Dunia, MotoGP, Formula E
TEMPO.CO | 08/01/2020 01:10
Daniel Dubois (.acebook.com/DanielDuboisOfficia)
Daniel Dubois (.acebook.com/DanielDuboisOfficia)

TEMPO.CO, JakartaBerita olahraga terpopuler pada Selasa, 7 Januari 2020, antara lain diwarnai kabar dari tinju dunia, arena MotoGP, dan Formula E.

Inilah selengkapnya:

Daniel Dubois, Sensasi Baru Tinju Dunia Kelas Berat

Daniel Dubois, yang disebut-sebut sebagai penerus Mike Tyson, akan menghadapi juara tinju kelas berat Eropa Joe Joyce.

Laman The Sun, 4 Januari 2020, mengabarkan promotor Frank Warren telah mengkonfirmasi perundingan sedang berlangsung untuk pertarungan kelas berat antara Dubois dan Joyce.

Dubois bersumpah untuk "menggedor" rekan sparring lamanya itu, menyusul kemenangan eksplosif atas Kyotaro Fujimoto, Desember 2019.

Frank Warren ingin kedua petinju Inggris ini memperebutkan gelar kelas berat Eropa pada musim semi mendatang.

"Senang mengkonfirmasi pembicaraan sedang berlangsung untuk pertarungan kelas berat Inggris besar-besaran pada tahun 2020. Mari kita wujudkan," tulis Warren dalam akun twitter-nya.
Dubois, 22 tahun, dijuluki Dynamite - memiliki rekor 14-0 dengan 13 KO. Joyce, 34 tahun, dikenal di atas ring sebagai Juggernaut, juga menawarkan rekor tak terkalahkan 10-0 dengan sembilan KO.

Dubois berlatih tinju sejak kanak-kanak. Ayahnya mengirim dia masuk klub tinju pada usia sembilan tahun untuk berjaga-jaga karena tingkat kriminalitas lumayan tinggi di London Selatan. Ia berlatih di Peacock Gym, Canning Town, ditangani pelatih Tony dan Martin Bowers.

Dubois memiliki sekitar 75 pertarungan amatir. Dia memenangkan dua gelar kejuaraan antar pelajar, 2 gelar ABA junior dan CYP. Dubois sebenarnya masuk tim Olimpiade Britania Raya untuk persiapan menghadapi Olimpiade Tokyo 2020, namun dia memilih untuk menjadi profesional dan menandatangani kontrak dengan promotor tinju Frank Warren dari Queensberry Promotions pada Januari 2017.

Pertarungan pertama Dubois sebagai profesional adalah kemenangan KO dalam 35 detik ketika melawan Marcus Kelly pada April 2017.

Meski masih muda, Daniel Dubois dinilai bertarung layaknya petinju berpengalaman dengan gerakan kaki sempurna. Senjata andalannya adalah jab keras.

Dubois tak menampik kalau sejak kecil sudah terpesona oleh Mike Tyson, yang di masa jayanya dikenal dengan sebagai petinju dengan pukulan sangat keras. “Mike Tyson adalah petinju yang saya idolakan. Sebagai anak kecil, saya berusaha meniru dia di ring. Saya merasa dia sesuai dengan karakter dan gaya bertinju saya," kata Dubois.

Selanjutnya: Harga yang harus dibayar tim MotoGP saat motor crash

Menghitung biaya motor crash di arena MotoGP

Pembalap yang terjatuh adalah fenomena lumrah dalam balapan MotoGP. Tapi, mungkin banyak yang belum tahu berapa biaya yang harus dikeluarkan tim saat pembalap mereka mengalami crash.

Laman GPOne mengeluarkan laporan soal tersebut. Mereka mewawancarai Lucio Cecchenillo, pemilik tim LRC, serta Christophe Bourguignon, teknisi tim tersebut.

Cecchenillo mengatakan, Cal Crutchlow, pembalap mereka, sudah sering terjatuh bersama motornya. "Pembalap jatuh, kadang itu terjadi. Bila dia tak mengakibatkan banyak bencana, kami biasanya menyiapkan US$ 600 ribu (Rp 8,3 miliar) hingga US$ 1 juta (Rp 13,8 miliar) buatnya," kata dia.

Bourguignon lantas menambahkan, sekali jatuh di arena MotoGP bisa membuat tim harus mengeluarkan 15 ribu euro (Rp 233 juta) hingga 100 ribu euro (Rp 1,5 miliar). "Tak ada kecelakaan MotoGP yang hanya bernilai 2.000 euro," kata dia.

Bourguignon melanjutkan, dalam kecelakaan kecil, tim biasanya cukup beruntung bisa mengandalkan stok yang ada untuk menggantikan beberapa bagian motor yang rusak. Namun, kecelakaan kecil yang terjadi beruntun, bisa membuat mereka dalam masalah.

"Contohnya kami hanya punya stok lima tangki besin, hal sama untuk exhaust atau radiator, yang harus digunakan alam latihan dan lomba," kata dia. "Ketika kehabisan stok kami harus menunggu 5 hingga 6 minggu untuk penggantinya."

Menurut Bourguignon, bagian-bagian motor yang dipakai lomba MotoGP tidaklah murah. Radiator misalnya bisa berharga 100 ribu euro (Rp 155 juta). Rem cakram karbon juga berharga 10 ribu euro. "Tak ada bagian elektronik yang harganya kurang dari 1.000 euro," kata dia.

LRC sendiri memakai motor buatan Honda. Dua motor Crutchlow, mereka menyewanya dengan harga 2,2 juta euro (Rp 34,2 miliar) per tahun. Biaya itu masih harus ditambah dengan paket sumber daya manusia termasuk teknisi yang selalu mengikuti di tiap lomba MotoGP.

Selanjutnya: Pro Kontra Formula E dan Banjir Jakarta

Pro Kontra Formula E dan Banjir Jakarta

Pengurus Pusat Ikatan Motor Indonesia berharap ajang balap Formula E tetap bisa digelar meski menuai protes dengan munculnya petisi online meminta pembatalan.

Sekretaris Jenderal PP IMI, Jeffrey JP, mengatakan kalau dari sisi olahraga sebaiknya balap mobil listrik ini tetap bisa digelar pada Juni 2020. "Hal itu kita kembalikan kepada masyarakat dan kebijakan serta keputusan dari Pemprov DKI sendiri," kata dia saat dihubungi Tempo, Senin, 6 Januari 2020.

Menurut dia, jika sampai batal digelar bisa jadi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mendapatkan sanksi karena melanggar kontrak yang telah disepakati.

Sebelumnya muncul petisi online yang dibuat oleh warga bernama Irawan Endro Prasetyo di laman change.org. Petisi ditujukan khususnya kepada Federasi Otomotif Internasional FIA, Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio E. Marsudi dan Anies Baswedan selaku Gubernur DKI Jakarta itu muncul setelah terjadi banjir di sejumlah wilayah Jakarta.

"Jakarta saat ini menderita banjir besar yang menghancurkan sebagian besar wilayah kota. Ini adalah salah satu banjir terbesar dan terburuk yang pernah terjadi dalam sejarah Jakarta, mengakibatkan kerusakan banyak bangunan, infrastruktur serta menelan korban jiwa," tulis Irawan dalam petisinya.

Sejak muncul 4 hari lalu, 6.700 orang mendukung petisi online menolak Formula E itu.

Sekretaris Dinas Olahraga dan Pemuda (Disorda) DKI Jakarta, Asep Saepudin, mengatakan bahwa petisi online menolak penyelenggara Formula E tidak akan mengganggu persiapan ajang balap mobil listrik di Jakarta.

Asep mengatakan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sudah mengikat kontrak selama lima tahun sehingga bisa mendapat sanksi apabila dibatalkan. "Pasti ada konsekuensi, kalau sudah diperjanjikan pasti harus konsisten," kata Asep.

Asep menyebutkan petisi online menolak ajang balap Formula E sebagai hal yang lumrah. Menurut dia, wajar apabila sebuah kebijakan menuai pro dan kontra dalam pelaksanaannya.

Rencana anggaran untuk menggelar Formula E di Jakarta mencapai Rp 1,6 triliun. Sedangkan tahun 2020 alokasi APBD untuk penanggulangan banjir DKI Jakarta dilaporkan berkisar 1,1 persen dari total APBD DKI Jakarta tahun 2020 yang senilai Rp 87,9 triliun.

Sementara itu, Kepala Greenpeace Indonesia Leonard Simanjuntak, menilai energi terbarukan memang harus dipromosikan tapi tidak harus melalui balap mobil listrik Formula E.

"Kita memang ingin mempromosikan energi terbarukan tetapi tidak harus memakai balap mobil listrik Formula E, banyak cara yang lebih konkret," kata Leonard dalam konferensi pers yang diadakan Koalisi Masyarakat Sipil di kantor LBH Jakarta di Menteng, Jakarta Pusat, Senin, 6 Januari 2020.

Ia mengatakan, alokasi dana untuk balap Formula E di Jakarta setiap tahun dari 2020 sampai 2024 yang nilainya Rp1,6 triliun bisa dialihkan untuk mendukung penggunaan listrik tenaga surya.

Kalau menyangkut kepentingan publik, dia mengatakan, beralih ke energi terbarukan tentu lebih utama ketimbang proyek mercusuar semacam penyelenggaraan balap Formula E.

Penggunaan energi terbarukan, menurut dia, penting untuk mengurangi emisi gas rumah kaca guna mengekang pemanasan global dan perubahan iklim.

Leonard mengatakan bahwa banjir Jakarta merupakan salah satu peringatan akan dampak perubahan iklim. Banjir di Jakarta juga yang mendorong munculnya petisi online menolak Formula E di Change.org.

"Untuk Indonesia perlu transisi secepatnya ke energi terbarukan untuk bidang energi. Kalau untuk hutan benar-benar stop deforestasi, hentikan perluasan sawit. Itu dua yang terbesar membuat Indonesia menjadi penghasil emisi karbon," ujar dia.

GPONE | CRASH | THE SUN | BOXREC | ANTARA


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT