Rafael Nadal Berpeluang Peringkat Satu Dunia Geser Novak Djokovic
TEMPO.CO | 11/09/2019 05:53
Petenis Rafael Nadal berpose dengan pialanya setelah berhasil mengalahkan lawannya Daniil Medvedev dalam pertandingan final AS Terbuka di USTA Billie Jean King National Tennis Center, 9 September 2019. Nadal berhasil mengalahkan Medvedev dengan pertanding
Petenis Rafael Nadal berpose dengan pialanya setelah berhasil mengalahkan lawannya Daniil Medvedev dalam pertandingan final AS Terbuka di USTA Billie Jean King National Tennis Center, 9 September 2019. Nadal berhasil mengalahkan Medvedev dengan pertandingan lima set 7-5, 6-3, 5-7, 4-6, 6-4. Mandatory Credit: Robert Deutsch-USA TODAY Sports

TEMPO.CO, Jakarta - Rafael Nadal memperlebar jarak keunggulannya dari Novak Djokovic menjadi berjarak 1.960 poin dalam klasemen sementara menuju Nitto ATP Finals 2019 yang akan digelar di London, pertengahan November.

Keberhasilan Nadal menjuarai US Open yang menghasilkan 2.000 poin tambahan, membuat petenis Spanyol itu kini berpeluang besar untuk menutup musim sebagai petenis nomor satu dunia, demikian catatan laman ATP Tour.

Jika posisinya bertahan, maka Nadal akan menyamai rekor dua pesaingnya dalam rivalitas Tiga Besar, Djokovic dan Roger Federer, serta Jimmy Connors, yang lima kali berhasil menutup musim di urutan pertama.

Rekor terbaik masih dimiliki oleh petenis legendaris Amerika Serikat, Pete Sampras, yang enam kali menutup musim di urutan pertama bahkan dilakukannya secara beruntun dalam kurun waktu 1993-1998.

"Jika saya bisa menjadi nomor satu, bagus. Tapi sebagaimana saya selalu bilang, itu bukan tujuan utama. Walaupun, tentu saja menyenangkan bisa bersaing di dalamnya," kata Nadal.

"Buat saya pribadi, itu bukan sebuah persaingan. Saya hanya ingin tetap kompetitif ketika di pekan-pekan yang dibutuhkan atau yang saya inginkan. Jika saya bisa bermain baik sampai akhir musim, maka itu akan luar biasa," ujar Nadal menambahkan.

Turnamen ini semakin dekat, hanya dengan dua bulan tersisa di musim ini namun dengan banyak poin untuk diperebutkan. Dengan dua turnamen ATP Masters 1000 yang tersisa yaitu Rolex Shanghai Masters dan Rolex Paris Masters, serta Nitto ATP Finals, seorang pemain bisa mendapat tambahan sebanyak 3.500 poin secara total.

Rafael Nadal berakhir sebagai petenis nomor satu akhir tahun di tahun 2008, 2010, 2013 dan 2017. Dalam tiga tahun catatan terakhirnya, Nadal juga mengawali dengan memenangi AS Terbuka sebelum ia memuncaki klasemen ATP Rankings.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT