Piala Dunia Basket FIBA: Spanyol Jinakkan Serbia 81-69
TEMPO.CO | 09/09/2019 03:47
Pertandingan Spanyol vs Serbia di Piala Dunia Basket FIBA 2019 di Wuhan, Cina pada Minggu 8 September. (Fox Sports)
Pertandingan Spanyol vs Serbia di Piala Dunia Basket FIBA 2019 di Wuhan, Cina pada Minggu 8 September. (Fox Sports)

TEMPO.CO, Jakarta - Spanyol berhasil meredam Serbia dalam laga putaran kedua Grup J dengan skor 81-69 sekaligus memaksa Nikola Jokic cs menelan kekalahan perdananya di Piala Dunia Basket FIBA 2019.

Tampil di Wuhan, Cina, Minggu, Spanyol sukses mematikan sektor tripoin Serbia yang hanya diberi kesempatan meraih angka tiga kali dari 19 percobaan yang dilepaskan, demikian catatan laman resmi FIBA.

Sempat tertinggal 13-20 pada kuarter pertama, Spanyol tampil beringas dengan meraup 32 poin tambahan untuk berbalik mengungguli Serbia 45-37 pada saat paruh pertama pertandingan berakhir.

Keunggulan itu terus berhasil dipertahankan hingga tugas Spanyol kian mudah menyusul Jokic diusir dari lapangan menyusul dua technical foul beruntun pada sisa waktu enam menit 40 detik kuarter ketiga saat Serbia tengah tertinggal 39-51.

Tanpa Jokic di tengah lapangan, praktis Serbia kian kesulitan untuk mengimbangi Spanyol yang terus melenggang untuk memastikan kemenangan 81-69.

Ricky Rubio kembali menjadi peraup angka terbanyak Spanyol dengan 19 poin, lima rebound dan empat assist, diikuti Vicotr Claver yang mencetak 14 poin dan tujuh rebound serta 11 poin, enam rebound dan enam assist milik Marc Gasol.

Sebaliknya, menit bermain Jokic yang dibatasi praktis membuat Serbia bergantung sepenuhnya pada Bogdan Bodganovic yang membukukan dwiganda 26 poin dan 10 rebound ditambah enam assist, namun rekan-rekannya tak satu pun mencapai sembilan poin.

Hasil itu tak mengubah kepastian kedua tim yang sudah lolos ke babak perempat final.

Di perempat final Piala Dunia Basket FIBA 2019, pada Selasa (10/9), Spanyol akan menghadapi Polandia yang berada di urutan kedua Grup I, sedangkan Serbia bertemu Argentina yang juga punya catatan sempurna tanpa kekalahan dalam lima laga.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT