Gowes Nusantara Kemenpora Berakhir di Banjarmasin
TEMPO.CO | 08/09/2019 12:40
Acara Gowes Nusantara 2019 di Ambon pada Sabtu 24 Agustus. (dok. Kemenpora)
Acara Gowes Nusantara 2019 di Ambon pada Sabtu 24 Agustus. (dok. Kemenpora)

TEMPO.CO, Jakarta - Rangkaian program sepeda santai Gowes Nusantara 2019 menuntaskan edisi terakhirnya di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, bertepatan dengan peringatan Hari Olah Raga Nasional.

Ribuan peserta sepeda Gowes Nusantara dilepas oleh Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina di depan kantor wali kota Banjarmasin, Sabtu, dan menempuh rute kurang lebih 25km mengelilingi kota Banjarmasin.

Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga Banjarmasin Muhammad Taufik Rivani mengungkapkan panitia memasang target 5.000 peserta akan mengikuti program sepeda santai yang digagas Kemenpora tersebut.

"Namun laporan terakhir yang saya terima diperkirakan tujuh hingga delapan ribu peserta yang berpartisipasi," kata Taufik.

Program yang bertujuan mendorong partisipasi masyarakat dalam olah raga serta memasyarakatkan olah raga itu dilaksanakan di 50 titik kabupaten/kota di 34 provinsi di Indonesia dengan kota Padang sebagai tuan rumah seri pertama 31 Maret lalu.

Sementara Banjarmasin menggelar seri pamungkas sekaligus bertepatan pada puncak peringatan Hari Olah Raga Nasional 2019 yang jatuh pada 9 September.

Setelah ribuan peserta Gowes Nusantara dilepas, Kota Banjarmasin juga menyaksikan gerakan masif olah raga lainnya yaitu pemecahan rekor MURI gerakan kata yang diikuti oleh lebih dari 5.000 karateka.

Deputi Pembudayaan Olahraga Kemenpora Raden Isnanta berharap kedua gerakan itu menginspirasi masyarakat untuk berolahraga, sesuai dengan peringatan Haornas 2019 yang digunakan sebagai momentum mendorong masyarakat agar lebih aktif berolahraga.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT