Ferrari Dominasi Sesi Latihan Bebas Formula 1 GP Jerman
TEMPO.CO | 27/07/2019 20:48
Pembalap Formula 1 dari tim Ferrari, Charles Leclerc dan Sebastian Vettel. Reuters
Pembalap Formula 1 dari tim Ferrari, Charles Leclerc dan Sebastian Vettel. Reuters

TEMPO.CO, Jakarta - Charles Leclerc menyelesaikan sesi latihan terakhir jelang kualifikasi Formula 1 GP Jerman sebagai yang tercepat, Sabtu, dan menjaga Ferrari sebagai yang tercepat di seluruh sesi latihan akhir pekan.

Pembalap asal Monako itu, yang juga menjadi pembalap tercepat pada sesi latihan Jumat, mencatatkan waktu 1 menit 12,380 detik di Sirkuit Hockenheim yang diliputi mendung hari itu.

Max Verstappen membawa Red Bull sebagai yang tercepat kedua dengan selisih 0,168 detik, demikian Reuters.

Pembalap Belanda itu melalui upaya terakhirnya di sesi itu menyingkirkan pembalap tuan rumah Sebastian Vettel ke peringkat tiga untuk mencegah Ferrari kembali finis 1-2 seperti di hari sebelumnya.

Valtteri Bottas menjadi pembalap Mercedes tercepat di peringkat empat sementara Lewis Hamilton hanya mampu di peringkat 6 di belakang pembalap Haas Kevin Magnussen.

Padahal di GP Jerman, Mercedes sedang merayakan hari jadi 125 tahun keikutsertaan mereka di dunia olah raga balap dengan desain livery khusus di mobilnya, yang menampilkan warna kebesaran Jerman di dunia balap yaitu putih.

Pemimpin klasemen sementara itu sempat mengatakan jika performa Mercedes akan terganggu jika gelombang panas yang menerpa Eropa masih membuat suhu trek tinggi karena mobil mereka mempunyai masalah di sistem pendingin.

Namun kedua mobil Silver Arrow itu, terpaut setengah detik dari Leclerc, tampil lebih cepat pada Jumat di saat suhu lintasan mencapai 50 derajat Celcius dari pada Sabtu ketika suhu trek lebih dingin.

Carlos Sainz mencetak waktu tercepat ketujuh untuk McLaren di depan Pierre Gasly yang menggunakan sasis barus setelah menabrakkan mobil Red Bullnya di sesi latihan Jumat.

Kimi Raikkonen finis di peringkat sembilan untuk Alfa Romeo dan Romain Grosjean melengkapi peringkat 10 besar untuk Haas.

Ferrari menguasai tiga sesi latihan bebas di Hockenheim akhir pekan ini, namun tim bermarkas di Italia itu belum pernah menang musim ini dan terakhir kali menjadi juara di Hockenheim pada 2012.

Vettel, yang gagal finis tahun lalu di Hockenheim karena menabrak pembatas, akan berharap menemukan kecepatan dan menghadapi ketakutannya di sirkuit yang terletak setengah jam jalur darat dari kampung halamannya itu.

Mercedes, sementara itu telah memenangi sembilan dari 10 balapan Formula 1 musim ini.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT