Menangi GP Inggris, Lewis Hamilton Cetak Rekor di Negaranya
TEMPO.CO | 14/07/2019 22:53
Menangi GP Inggris, Lewis Hamilton Cetak Rekor di Negaranya
Menangi GP Inggris, Lewis Hamilton Cetak Rekor di Negaranya

TEMPO.CO, Jakarta - Pembalap F1 asal Inggris, Lewis Hamilton, dari tim Mercedes menjuarai balapan Grand Prix Inggris di Sirkuit Silverstone, Minggu, 14 Juli 2019. Ini adalah kemenangan keenamnya di tanah kelahirannya itu.

Hamilton, yang mengawali balapan dari P2, menyentuh garis finis 24,928 detik lebih cepat dari rival terdekatnya, Valtteri Bottas, rekan satu timnya di Mercedes.

Charles Leclerc dari tim Ferrari melengkapi podium di peringkat tiga setelah meredam perlawanan pembalap Red Bull, Pierre Gasly, dan diuntungkan insiden tubrukan antara Sebastian Vettel dan Max Verstappen.

Dengan kemenangan itu Hamilton mencetak sejarah sebagai pembalap yang paling banyak memenangi GP Inggris dengan rekor enam kali juara. Ia mengungguli rekor mantan pembalap tuan rumah lainnya, Jim Clark, dan pembalap Prancis, Alain Prost, dengan lima kemenangan.

"Aku harap kalian menikmati hari kalian. Aku tak akan bisa melakukannya tanpa timku. Aku sangat senang menjadi bagian dari ini," kata Hamilton usai lomba.

Bottas, yang start dari pole position atau urutan start pertama, harus mengakui kecepatan rekan satu timnya ketika disalip pada putaran keempat untuk mengambil alih pimpinan lomba.

Bottas mengaku strateginya cukup dirugikan dengan keluarnya safety car di tengah lomba. Hal itu terjadi ketika pembalap Alfa Romeo, Antonio Giovinazzi, melintir keluar trek pada puyaran ke-20. Pertarungan kembali dilanjutkan empat putaran kemudian setelah balapan berjalan normal.

Drama terjadi pada putaran ke-37 ketika Verstappen menyalip Vettel. Namun, ketika sang pebamlap Red Bull berada di depan pebalap Ferrari itu, Vettel menabrak Verstappen dari belakang ketika memasuki zona pengereman.

Kedua mobil pembalap melintir namun tidak terperangkap di gravel sehingga bisa melanjutkan balapan.

Vettel mengalami kerusakan di sayap depan dan harus menggantinya di pit. Sedangkan Verstappen melanjutkan balapan tanpa mengalami kerusakan dan mendapatinya di P5 di belakang Charles Leclerc dan Pierre Gasly.

Di akhir balapan Vettel dikenakan penalti tambahan 10 detik karena insiden tersebut.

Leclerc diuntungkan insiden itu untuk naik dua posisi ke peringkat tiga, diikuti oleh Gasly di peringkat empat. Verstappen mampu mengamankan poin setelah finis kelima. Sedangkan Vettel finis P16.

Lewis Hamilton, yang juga meraih satu poin tambahan setelah mencetak waktu putaran tercepat, kini memperlebar jarak di puncak klasemen pebalap dengan 223 poin, selisih 39 poin dari Bottas di peringkat dua.

Kemenangan itu juga merupakan kali ketujuh bagi Lewis Hamilton menjuarai balapan pada  10 balapan yang telah berlangsung musim ini, sekaligus kemenangan ke-80 selama kariernya.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT