Formula 1 Austria: Hamilton Dihukum Mundur Tiga Posisi Start
TEMPO.CO | 30/06/2019 05:54
Duet pembalap Formula 1 di Tim Mercedes, Lewis Hamilton dan Valtteri Bottas. (Reuters/Benoit Tessier)
Duet pembalap Formula 1 di Tim Mercedes, Lewis Hamilton dan Valtteri Bottas. (Reuters/Benoit Tessier)

TEMPO.CO, Jakarta - Pembalap Mercedes Lewis Hamilton dikenai penalti mundur tiga posisi start karena kedapatan menghalangi pebalap Alfa Romeo Kimi Raikkonen pada sesi kualifikasi Formula 1 GP Austria, Sabtu.

Dengan hukuman itu, Hamilton turun dari posisi start kedua ke posisi lima. Sedangkan pembalap Red Bull Max Verstappen akan start dari posisi kedua di belakang peraih pole position Charles Leclerc dari tim Ferrari. Rekan satu tim Hamilton, Valtteri Bottas, akan start dari posisi ketiga.

Selain mengganjar penalti mundur posisi start, Steward juga memberi penalti satu poin kepada sang pebalap asal Inggris itu.

Saat ini Hamilton telah memenangi empat balapan terakhir dan total enam dari delapan balapan musim ini untuk memimpin klasemen pebalap dengan unggul 36 poin dari pesaing terdekatnya sekaligus rekan satu tim, Valtteri Bottas.

Hamilton mengakui kesalahannya. "Sangat pantas menerima penalti hari ini dan tak ada masalah menerimanya," kata pembalap asal Inggris itu. "Itu kesalahanku dan saya bertanggung jawab penuh untuk itu. Saya tidak sengaja."

Namun, ia yakin timnya akan akan mampu mengatasi masalah itu. "Hal ini terjadi untuk menguji kami... kami memiliki kekuatan untuk mengatasi masalah bahkan ketika mereka tampak terlalu besar," kata Hamilton.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT