Muhammad Zohri Ingin Tampil di SEA Games 2019, tapi...
TEMPO.CO | 29/06/2019 20:15
Pelari Indonesia, Lalu Muhammad Zohri. Antara
Pelari Indonesia, Lalu Muhammad Zohri. Antara

TEMPO.CO, Jakarta - Atlet lari nasional Lalu Muhammad Zohri mengatakan ingin sekali membela kontingen Indonesia di ajang SEA Games 2019. Sebab, ia belum pernah tampil di pesta olahraga di kawasan Asia Tenggara itu.

Meski demikian, Zohri menilai keputusan bertanding atau tidaknya di SEA Games akan diputuskan oleh federasi atletik Indonesia. "Sebenarnya mau banget (ke SEA Games), tapi semua tergantung pelatih dan pengurus," kata pelari 100 meter putra itu di Jakarta, Jumat, 28 Juni 2019.

Sepanjang 2019 ada berbagai turnamen atletik internasional yang harus diikuti Lalu Zohri. Terdekat, pelari berusia 18 tahun itu akan tanding di Kejuaraan Dunia Atletik pada 27 September hingga 6 Oktober 2019 di Doha, Qatar. Di sisi lain, ia juga sudah mengantongi tiket menuju Olimpiade Tokyo 2020.

Ketua Umum PASI Bob Hasan menyatakan akan memberi kesempatan atlet pelapis tanding di SEA Games Manila 2019. Menurut dia, kehadiran atlet pelapis diperlukan agar terjadi regenerasi di cabang olahraga atletik Indonesia. "Kami akan pakai pelapis (atlet junior)," ucapnya.

Bob Hasan menyatakan di nomor 100 meter putra yang menjadi andalan Zohri ada beberapa atlet potensial. Salah satunya ialah Joko Kuncoro Adi dan Adi Ramli Sidiq. Keduanya merupakan pelari yang kerap tanding di nomor estafet 4x100 meter putra.

PASI juga tidak memberi target kepada atlet binaannya untuk membawa pulang medali dari SEA Games 2019. Bob menyatakan target utama federasi ialah untuk mencetak atlet atletik sebanyak-banyaknya. "Tapi kalau mereka dapat medali jangan salahkan saya," ucap Bob.

ADITYA BUDIMAN


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT