Formula 1 Kanada: Vettel Kena Penalti, Begini Komentar Hamilton
TEMPO.CO | 10/06/2019 08:32
Pembalap Mercedes Lewis Hamilton mengindari semburan sampanye saat merayakan kemenangan pada F1 Grand Prix Spanyol di Circuit de Barcelona, Catalunya, Spanyol, Ahad, 12 Mei 2019. Start dari posisi kedua, Hamilton langsung mampu melewati rekan setimnya, Va
Pembalap Mercedes Lewis Hamilton mengindari semburan sampanye saat merayakan kemenangan pada F1 Grand Prix Spanyol di Circuit de Barcelona, Catalunya, Spanyol, Ahad, 12 Mei 2019. Start dari posisi kedua, Hamilton langsung mampu melewati rekan setimnya, Valtteri Bottas, yang memulai dari posisi pole. REUTERS/Juan Medina

TEMPO.CO, Jakarta - Pembalap Mercedes Lewis Hamilton buka suara soal kemenangannya di Formula 1 GP Kanada, Minggu waktu setempat, setelah pembalap Ferrari Sebastian Vettel terkena penalti tambahan waktu lima detik yang kontroversial.

Vettel yang start dari pole position menyentuh garis finis pertama di depan Hamilton namun tidak ada perayaan kemenangan untuk Ferrari hari itu karena sang pembalap Jerman harus turun ke peringkat dua setelah mendapatkan hukuman karena re-entry yang membahayakan di trek, demikian Reuters.

Berada di bawah tekanan dari Hamilton, Vettel membuat kesalahan di putaran ke-48 ketika dia terlalu keras melintasi chicane dan melebar ke rumput di pinggir trek. Dia berhasil mengendalikan mobilnya untuk kembali ke trek di depan sang pembalap Inggris yang terpaksa melakukan pengereman keras agar terhindar dari terpojok ke pagar pembatas.

Hamilton terpaut lima detik di belakang Vettel setelah pitstop pertama, namun dia memiliki kecepatan yang cukup untuk memperkecil jarak dengan Ferrari dengan menggunakan ban kompon yang lebih keras.

Baca: Ingin Tahu Pembalap Formula 1 dari Asia Tenggara? Inilah Mereka..

"Tentu ini bukan cara yang aku inginkan untuk menang. Aku terus menekan hingga akhir dan mencoba untuk menyalip. Aku memaksanya melakukan kesalahan, dia melebar, dan aku punya kesempatan di tikungan itu namun kami nyaris bertabrakan. Sangat disayangkan tapi ini lah balapan," kata Hamilton seperti dikutip laman resmi Formula 1.

Sebastian Vettel mengaku tak punya jalan lain setelah melebar dan masuk ke trek dengan cara yang dianggap membahayakan oleh steward balapan.

"Aku mengambil tikungan secara normal. Ketika kalian kembali ke trek seharusnya kalian tidak langsung masuk ke garis balapan, kalian harus kembali dengan aman," ungkap Hamilton.

Ketika ditanya apakah sang pembalap asal Inggris itu memiliki kecepatan untuk menyalip Vettel hingga akhir balapan dia menjawab," Aku kira tidak hingga akhir balapan."

"Aku rasa kami semua direpotkan dengan suhu rem menjelang akhir. Ban bagus di titik di mana dia membuat kesalahan, jadi aku sedekat mungkin yang aku bisa. Aku terhalang dan kemudian jaraknya terbuka lagi. Sangat sulit untuk mengikutinya dari situ," kata Hamilton.

Hamilton kemudian mendapati sejumlah penggemar meneriakinya ketika di podium.

"Yang bisa aku katakan adalah bukan aku yang membuat keputusan," kata pembalap yang kini menyamai rekor tujuh kali kemenangan Michael Schumacher di Kanada itu.

"Aku tak tahu apa yang mereka teriaki, mungkin keputusan itu...."

Baca: Hasil Formula 1 Kanada: Vettel Kena Penalti, Hamilton Juara

Vettel pun membela sang rival dengan mengatakan,""Penonton seharusnya tidak meneriaki Lewis karena kalian melihat apa yang terjadi," kata Vettel. "Aku mengalami kesulitan untuk berada di trek tapi orang-orang tidak seharusnya meneriaki Lewis, jika ada yang harus mereka teriaki itu adalah keputusan yang menggelikan ini."

Kemenangan Hamilton itu berarti Mercedes tak terkalahkan dalam tujuh balapan pertama musim ini.

Hamilton masih kokoh di puncak klasemen pembalap dengan 162 poin diikuti oleh Bottas dengan 133 poin. Sementara Vettel berada di peringkat tiga dengan defisit 62 poin dari pemuncak klasemen.

Ferrari yang tak senang harus puas membawa pulang trofi runner-up di podium oleh Sebastian Vettel dan peringkat tiga oleh rekan satu timnya, Charles Leclerc.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT