Juara MotoGP Prancis, Marc Marquez Genapi Kemenangan Ke-300 Honda
TEMPO.CO | 20/05/2019 04:45
Pembalap MotoGP Marc Marquez. (reuters)
Pembalap MotoGP Marc Marquez. (reuters)

TEMPO.CO, Jakarta - Keberhasilan pembalap Repsol Honda Marc Marquez menjuarai MotoGP Prancis di Sirkuti Le Mans, Minggu, menggenapi total kemenangan ke-300 pabrikan Jepang tersebut di MotoGP sepanjang masa.

Raihan itu berjarak 53 tahun dari kemenaangan perdana Honda di kelas premier balapan dua roda paling bergengsi tersebut pada 1966 melalui pembalap Jim Redman, demikian menurut laman resmi MotoGP.

Marquez naik ke podium tertinggi usai balapan di Le Mans, yang merupakan raihan ketiga bagi pebalap berjuluk "Baby Alien" tersebut, setelah sebelumnya berhasil menjadi juara di GP Argentina dan Spanyol.

Marquez sendiri tampil impresif di Le Mans. Menempati pole position sejak start, pembalap asal Spanyol itu sempat kehilangan posisi pertama setelah disalip oleh pembalap Ducati Pramac Racing, Jack Miller di lap awal.

Namun tak butuh waktu lama, Marquez mampu kembali mengambil alih posisi teratas dan memimpin perlombaan hingga garis akhir. Pembalap 26 tahun itu finis pertama dengan catatan waktu 41 menit 53,647 detik.

Dengan hasil tersebut, Marquez semakin kokoh di puncak klasemen pembalap sementara dengan raihan 95 poin, diikuti oleh Andrea Dovizioso (Ducati) yang naik ke peringkat kedua dengan perolehan 87 poin.

Alex Rins (Suzuki Ecstar) harus puas turun ke peringkat tiga dengan 75 poin, ditempel ketat oleh Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha) yang sudah mengumpulkan 72 poin.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT