Piala Asia 2019: Kalahkan Suriah 3-2, Australia Lolos ke 16 Besar
TEMPO.CO | 16/01/2019 06:49
Timnas Australia. . (AP Photo/Shuji Kajiyama)
Timnas Australia. . (AP Photo/Shuji Kajiyama)

TEMPO.CO, Jakarta - Australia dampingi Jordania untuk lolos ke 16 besar Piala Asia dari Grup B, setelah menang 3-2 atas Suriah dalam pertandingan yang dimainkan di Stadion Khalifa bin Zayed, Al Ain, Uni Emirat Arab pada Selasa malam WIB.

Gol-gol Socceroos dibukukan oleh Awer Mabil (41'), Christopher Ikonomidis (54'), dan Tom Rogic (90'), sedangkan gol-gol Suriah disumbangkan oleh Omar Khribin (43') dan penalti Omar Al Somah (80'), demikian catatan pertandingan di laman resmi AFC.

Dengan hasil ini, Australia mengoleksi enam poin dari tiga pertandingan untuk membuat mereka menduduki peringkat kedua di klasemen akhir. Sedangkan Suriah berada di dasar klasemen dengan hanya torehan satu poin.

Rogic menghapus peluang Suriah untuk menjaga peluang lolos ke fase gugur dengan gol penentu kemenangannya menjelang laga usai, untuk sekaligus menyingkirkan pasukan Fajer Ibrahim dari turnamen ini dengan pil pahit.

Al Soma terlihat akan mengamankan satu poin bagi Suriah, dan harapan untuk dapat lolos, ketika pelanggaran terhadap dirinya membuat Suriah mendapat hadiah penalti pada menit ke-80, dan ia sukses menunaikan tugasnya sebagai eksekutor.

Namun Rogic menjadi penentu dengan sepakan kaki kirinya yang melewati Ibrahim Alma, yang merupakan sepakan terakhir di pertandingan ini.

Sebelumnya, Awer Mabil dan Chris Ikonomidis dua kali membawa Australia memimpin, namun Omar Khrbin dan Al Soma mampu menyamakan kedudukan untuk Suriah.

Sementara itu dalam pertandingan Grup B lainnya, Jordania yang telah memastikan lolos ke 16 besar bermain imbang tanpa gol dengan Palestina.

Hasil ini memelihara peluang Palestina untuk lolos ke fase selanjutnya sebagai salah satu tim peringkat ketiga terbaik, di mana pesaing mereka Suriah gagal mendapatkan poin saat bertemu Australia.

Jordania memuncaki klasemen akhir grup B Piala Asia 2019 dengan koleksi tujuh poin dari tiga laga, sedangkan Palestina berada di peringkat ketiga dengan dua poin.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT