Scroll Untuk Melanjutkan

Kerugian di Bawah 100 Juta, Kasus Dana Desa di Kisar Dikembalikan ke Inspektorat

TITASTORY.ID
2023-03-14 16:55:41
Kerugian di Bawah 100 Juta, Kasus Dana Desa di Kisar Dikembalikan ke Inspektorat
Iklan

Kasus dugaan penyelewengan penggunaan dana desa hanya dilakukan audit internal oleh Inspektorat.

Iklan

TITASTORY.ID, – Laporan masyarakat Maluku Barat Daya (MBD) dan pemberitaan media atas dugaan penyalahgunaan Anggaran Alokasi Dana Desa (ADD) Tahun 2021 oleh NA dialihkan kewenangan audit pemeriksaan ke Inspektorat Kabupaten MBD. Na merupakan mantan Bendahara Desa Wonrely, Kecamatan Kisar Kabupaten MBD.

Ketegasan ini disampaikan oleh pelaksana tugas Kepala Cabang Kejari Wonrely, Askin Hamja, di Kota Ambon, Senin (13/03/2023) lantaran kerugian negara di bawah 100 juta rupiah.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

NA dituding menggunakan uang, termasuk perihal hilangnya uang di brankas berjumlah Rp98 juta. Dalam kaitan dengan itu maka proses pemeriksaan wajib dilakukan pihak Inspektorat Kabupaten. Pasalnya hingga ada masalah kepala desa dan bendahara dan perangkat desa belum pernah diperiksa pihak Inspektorat.

”Karena kerugian negara di bawah Rp100 juta sehingga wajib dilakukan audit internal oleh Inspektorat. Hasil koordinasi pihak Inspektorat belum melakukan audit,” terang Hamja.

Hamja menegaskan jika hasil audit Inspektorat ada temuan maka pihaknya akan melakukan pengusutan dan penyelidikan jika ada rekomendasi dari lembaga audit internal tersebut.

Saat yang sama, Hamja mengatakan selama ini di Kabupaten MBD proses pendampingan hukum kepada kepala desa dan perangkat terkait tertib hukum menggunakan uang negara tidak melibatkan pihak Kejaksaan. Sehingga ke depan pihaknya bakal melakukan pengawasan dan penguatan sesuai dengan arahan Mahkamah Agung yang telah meluncurkan aplikasi Jaga Desa.

” Selaku Plt Kacabjari Wonrely akan melakukan pengawasan sesuai dengan program Mahkamah Agung yang telah meluncurkan aplikasi jaga Desa. 

The post Kerugian di Bawah 100 Juta, Kasus Yang Melilit Eks Bendahara Salah Satu Desa di Kisar Dikembalikan ke Inspektorat appeared first on TitaStory.

Link Back URL Partner Kerugian di Bawah 100 Juta, Kasus Dana Desa di Kisar Dikembalikan ke Inspektorat

Iklan
#


Berita Menarik Lainnya