Scroll Untuk Melanjutkan

Terjebak Kemacetan Saat Banjir, Perempuan di Kudus Melahirkan Bayi di Mobil

KRJogja.com
2023-01-05 06:15:11
Ilustrasi melahirkan
Iklan

Seorang ibu di Kudus melahirkan di dalam mobil saat terjadi kemacetan di jalan raya. Kemacetan terjadi akibat banjir yang menerjang Kudus, Jawa Tengah.

Iklan

Krjogja.com - Gara-gara banjir menggenangi jalan raya Desa Tanjungkarang Kecamatan Jati Kudus, seorang ibu melahirkan di dalam mobil Innova yang ditumpanginya. Bayi ketiga dari pasangan Budi Aminoto (33 tahun) dan Suci Handriyani (25) warga Desa Kutuk Kecamatan Undaan itu lahir dengan selamat sebelum dilakukan perawatan di RSU Mardi Rahayu Kudus.

Suci melahirkan saat mobil yang ditumpang terjebak kemacetan akibat genangan banjir. Kejadian itu berawal ketika Suci bermaksud memeriksa kondisi kandungannya ke Rumah Sakit Aisyiyah Kota Kudus dengan ditemani sang suami.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Di tengah kemacetan itulah Suci mengaku merasakan perutnya mules dan seperti terjadi kontraksi. Tak berselang lama bayi dalam kandungannya pun lahir. "Waktu lahir di dalam mobil saya ditemani suami,' kata dia saat ditemui di RSU Mardi Rahayu Kudus, Rabu, 04 Januari 2023.

Peristiwa persalinan di dalam mobil dialami Suci pada Selasa, 03 Januari 2023 sekitar pukul 13.25 WIB. Sebelumnya Suci melihat ada bercak darah sehingga bersama suami memutuskan bergegas ke rumah sakit. Tujuan awal mereka ialah RS Aisyiyah, tetapi karena bayi lahir di tengah perjalanan kemudian dilarikan ke RSU Mardi Rahayu yang terdekat dengan lokasi kejadian.

"Perut saya mules waktu itu, tetapi tanpa merasakan sesuatu tiba-tiba bayi lahir. Saat itu kondisinya macet parah karena banjir," ujar Suci.

Mendapati istrinya melahirkan, Budi Aminoto sempat panik. Beruntung, di depan mobil miliknya ada kendaraan milik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kudus. "Waktu itu saya melihat di depan saya ada mobil plat merah ternyata mobil BPBD. Saya turun dan ketuk kaca pintu untuk minta tolong. Kemudian saya dibantu dibukakan jalan," sambung Budi.

Butuh waktu sekitar 30 menit bagi istrinya sampai ke RSU Mardi Rahayu Kudus untuk mendapatkan perawatan. Saat lahir, bayi yang keluar masih memiliki ari- ari. Pihak RSU Mardi Rahayu menerima Suci yang melahiran di dalam mobil pada pukul 13.55 WIB dengan kondisi plasenta belum dipotong karena baru saja lahir di dalam mobil. Begitu pasien masuk rumah sakit langsung dilakukan penanganan.

Direktur Utama RSU Mardi Rahayu Kudus dr Pujianto mengatakan bayi dan ibunya dalam kondisi sehat. Karena sudah tidak ada kebutuhan lain, keduanya diizinkan pulang ke rumah.

KRJOGJA.COM

Link Back URL Partner Terjebak Kemacetan Saat Banjir, Perempuan di Kudus Melahirkan Bayi di Mobil

Iklan


Berita Menarik Lainnya