Menyusul Supra, Toyota Celica Akan Dibangkitkan dari Kubur
TEMPO.CO | 21/09/2018 14:49
Toyota Celica lawas. Sumber: carscoops.com
Toyota Celica lawas. Sumber: carscoops.com

TEMPO.CO, JakartaToyota Supra telah beberapa kali menjalani pengujian di jalanan. Peluncuran resmi Toyota Supra tinggal menunggu waktu. Ternyata, Toyota memiliki rencana lain untuk segera meluncurkan sedan sport yang juga melegenda yaitu, Celica atau MR2.

Kepada media otomotif Road dan Track, asisten kepala engineer Toyota Supra Masayuki Kai berbicara soal rencana Toyota selama tesnya tentang mobil sport yang sangat dinantikan. Selama diskusi, Kai mengatakan, "Kami ingin membuat kembali Toyota Celica dan kami ingin memiliki MR2 kembali."

Baca: Waduh, Prototipe Toyota Supra Nabrak Saat Diuji Coba

Kai melanjutkan Toyota memutuskan untuk membawa Supra lebih dulu ke konsumen karena sport car ini memiliki permintaan terbesar dari pasar. Sekarang karena modelnya hampir tiba ke publik, ada kemungkinan bahwa Celica atau MR2 diluncurkan setelahnya. Ia mengisyaratkan bahwa model Celica modern bisa menjadi coupe dengan all-wheel drive. MR2, di sisi lain, dapat mempertahankan gaya lamanya.

Toyota MR2. Sumber: carscoops.com

Menurut Kai, mobil sport dijual dalam jumlah yang relatif kecil dan menggunakan banyak komponen yang tidak dapat digunakan dengan model yang lebih umum. Salah satu solusinya adalah bekerja sama dengan pembuat mobil lain seperti yang mereka lakukan dengan BMW untuk Supra dan Subaru untuk 86.

Tidak jelas apakah perusahaan lain akan bersedia bekerja dengan Toyota pada mobil sport baru, tetapi Kai memuji Mazda dan mengatakan dia yakin bisa melakukan kerjasama. Kai juga menyarankan bahwa tanpa kemitraan BMW dan Toyota, mungkin tidak akan ada Z4 atau Supra baru.

Simak: Begini Rekaan Mitsubishi Galant yang Dikabarkan Akan Bangkit

Meskipun akan menarik untuk melahirkan generasi baru Celica atau MR2, kedua model keluar dari produksi pada pertengahan tahun 2000-an. MR2 tidak terlalu populer di Amerika Serikat karena data Carsalesbase menunjukkan penjualan mencapai 32.309 unit pada tahun 1985 dan turun menjadi beberapa ribu unit menjelang akhir produksi. Celica secara signifikan lebih baik karena Toyota menjual lebih dari 50.000 unit pada tahun 2000.

CARSCOOPS


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT