Jokowi Kaget saat Jenguk Inisiator Mobil Esemka di Rumah Sakit
TEMPO.CO | 14/09/2018 19:26
Inisiator mobil Esemka Sukiyat tengah dirawat di RS Bethesda karena kumat Asam Lambungnya. 14 September 2018. Tempo/Pribadi Wicaksono
Inisiator mobil Esemka Sukiyat tengah dirawat di RS Bethesda karena kumat Asam Lambungnya. 14 September 2018. Tempo/Pribadi Wicaksono

TEMPO.CO, Yogyakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyempatkan diri untuk menjenguk inisiator mobil Esemka, Sukiyat, yang tengah dirawat di Rumah Sakit Bethesda dalam lawatannya ke Yogyakarta, Jumat, 14 September 2018.

Kedatangam Jokowi ke Yogyakarta utamanya untul membuka acara Temu Nasional Kongres Wanita Indonesia ke-90 dan Sidang Umum International Council of Woman (ICW) ke-35 di Hotel Inna Garuda, Yogyakarta.

Namun usai membuka acara itu, sekitar pukul 16.00 WIB, Jokowi bergegas ke RS Bethesda dan menyambangi pria berusia 63 tahun yang dirawat sejak 10 September 2018 karena sakit asam lambung.

Baca: Jokowi Sempat Yakin Esemka Lolos Uji Emisi 

"Pak Jokowi kaget pas masuk ruangan saya di rawat, 'Tak kiro parah (Saya kira sakitnya parah)'," ujar Sukiyat saat ditemui Tempo di ruangannya.

Sukiyat menuturkan ia ambruk dan dilarikan rumah sakit pasca pulang dari mengerjakan sejumlah persiapan untuk pembukaan pabrik PT Kiat Mahesa Wintor Indonesia yang berlokasi di Tangerang pekan lalu. Pabrik itu rencananya beroperasi Januari 2019 dan memproduksi alat angkut pedesaan Mahesa secara massal.

Kedatangan Jokowi yang didampingi Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengkubuwono X dan Menteri Sekretaris Negera Pratikno itu benar benar tak diduga Sukiyat.

"Wong saya pas lagi tidur, tiba-tiba ada orang Paspampres datang dan kasih tahu Pak Jokowi mau nengok, ya kaget saya ngga ada kabar apa-apa tiba tiba ke sini, istri saya juga masih pakai daster," ujar Sukiyat.

Jokowi sendiri datang dengan membawa parcel buah untuk Sukiyat. Kurang lebih Jokowi dan Sukiyat berbicara selama 30 menitan.

Baca: Foto Mobil Esemka Garuda 1 Beredar, Begini Penampakan Pabriknya

Sukiyat yang kini menjabat sebagai bos di perusahaannya sendiri sebagai Presiden Komisaris PT Kiat Mahesa Wintor Indonesia tersebut mengaku amat bahagia bisa bertemu Jokowo yang sudah ia kenal sejak menjabat walikota Solo.

Kehadiran kawan dekatnya tersebut seakan menjadi obat bagi Sukiyat. Terlebih Sukiyat juga sudah diperbolehkan pulang dokter pada hari itu.

"Sama Pak Jokowi itu kan sudah seperti kanca cerak (teman lama), eh malah rawuh (datang) ke sini, ya Alhamdulillah," katanya.

Sembari berkelakar, kunjungan Jokowi itu seperti obat ampuh bagi Sukiyat. "Asam lambung kan karena stres, kalau makan muntah-muntah. Pak jokowi datang, sembuh, bisa makan lagi dengan nyaman," ujarnya.

Pada kunjungan tersebut, Jokowi juga memberi nasihat kepada Sukiyat agar menjaga kesehatan. Selain itu, mereka berdua juga sempat mengobrol tentang pengembangan kendaraan pedesaan.

 


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT