VW Kodok 4 Pintu -- Mau?
TEMPO.CO | 05/07/2018 09:15
VW Kodok 4 Pintu -- Mau?
Tokoh robot Bumblebee dalam film Transformers berpose di depan Chevrolet Camaro yang dipajang PT GM Autoworld Indonesia di Senayan City sampai Minggu (23/8) besok. (Raju Febrian/TEMPO)

TEMPO.CO, Jakarta - Saat ini Volkswagen atau VW Beetle hanya terdapat model generasi kedua dan didasarkan pada platform mobil tua Golf 6. Produsen Jerman kini sudah mengerjakan Golf 8, tetapi bukan berarti Beetle yang imut akan diganti dalam waktu dekat. Namun, jika itu terjadi, bisa menjadi sebuah revolusi.

Menurut laporan dari Autocar, Volkswagen sedang mempertimbangkan Beetle listrik dengan empat pintu. Informasi ini didasarkan pernyataan Bos VW Herbert Diess dan Kepala Desain VW Klaus Bischoff, keduanya mengisyaratkan bahwa Beetle EV akan didesain ulang. Hal ini sebagai langkah untuk mengikuti perkembangan.

Media Inggris itu mengklaim Bischoff telah membuat sketsa penerus Beetle dengan empat pintu. Penyiapan Beetle baru akan memakan waktu antara dua hingga tiga tahun sebelum masuk ke tingkat produksi. Sebelum itu, Volkswagen akan tetap fokus meluncurkan serangkaian kendaraan listriknya. 

"Mobil-mobil ini memiliki teknologi super rumit, ini adalah kelebihannya. Sehingga kami dapat pindah ke mobil yang lebih eksotis dan berkarakter,” katanya kepada Autocar. 

Baca: Volkswagen Tutup Beberapa Pabriknya untuk Uji Emisi

Jika menerima lampu hijau, model ini akan didasarkan pada platform MEB pintar sebagai kendaraan listrik. Yang memungkinkan Volkswagen mempertahankan bentuk ikon dari Beetle tetapi memadukannya dengan lebih banyak ruang interior dan kenyamanan. Manfaat lain dari fondasi MEB adalah kembalinya tata letak RWD Beetle.

MOTOR1


BERITA TERKAIT