Setelah Yamaha Niken, VMax Beroda Tiga Bakal Didesain Lebih Canggih
TEMPO.CO | 23/05/2018 07:57
Setelah Yamaha Niken, VMax Beroda Tiga Bakal Didesain Lebih Canggih
Paten Vmax Trike yang merupakan saudara Yamaha Niken. Sumber: autocarindia.com

TEMPO.CO, Jakarta - Yamaha baru-baru ini mulai memasarkan sepeda motor beroda tiga Yamaha Niken menggunakan mesin MT-09. Pabrikan Jepang kini telah mengajukan sketsa paten yang menunjukkan kendaraan roda tiga lainnya, Yamaha VMax yang memiliki tampilan cruiser.


Ketika Yamaha Niken menggunakan sistem tautan model jajaran genjang yang menerapkan empat suspensi depan, pada VMax tampaknya menggunakan sistem yang sangat berbeda dan memperbaiki kekurangan Yamaha Niken. Desain baru ini menyerupai sistem double-wishbone yang digunakan dalam mobil dengan lengan memanjang keluar dari struktur pusat. Desain ini menawarkan lebih banyak fleksibilitas dengan seberapa luas jarak roda depan, yang merupakan batasan dari desain Niken. Penyetelan yang unik ini memungkinkan motor beroda tiga ini bisa condong ke tikungan seperti sepeda motor biasa, menjaga traksi ketiga ban dengan jalan optimal, bahkan saat menikung.

Aplikasi paten itu akhirnya diterbitkan di Jepang pada 22 Maret 2018, yang telah diajukan pada akhir 2016. Anehnya, teks yang menyertai aplikasi paten tidak benar-benar berkaitan dengan sistem kemudi atau suspensi itu sendiri, tetapi lebih ke sistem yang digunakan roda tiga ini saat berdiri. Desain menggunakan motor servo (berlabel 21L dalam sketsa paten) yang terhubung ke salah satu wishbones. Motor ini membantu pengendara dalam meluruskan kendaraan saat keluar dari tikungan.


Elemen lain yang menarik dari sketsa ini adalah kenyataan bahwa Yamaha telah memilih untuk menggunakan VMax sebagai dasar untuk desain ini. Produksi motor cruiser Yamaha VMax telah lama dihentikan dan sepeda motor tidak terdaftar di situs Yamaha di Eropa, AS, dan Inggris.


VMax menggunakan mesin empat silinder V4 berkapasitas 1.679cc yang menghasilkan tenaga 200 hp dan torsi 167Nm. Sketsa paten menunjukkan mesin untuk tampil identik dengan mesin VMax. Jika Yamaha berencana untuk memperkenalkan trike ini, maka mesin harus dirombak untuk memenuhi standar emisi Euro-IV yang lebih ketat.


Dari stang kemudi ke belakang, gaya berkendara tidak berubah. Konsep ini tampaknya mempertahankan tangki bahan bakar dengan intake udara di kedua sisi, dan empat knalpot. Velg akan menggunakan 10-spoke, yang berbeda desain dengan velg standar VMax saat ini. Dilihat oleh sketsa paten, jangkauan ke stang tampaknya terlalu panjang dan tinggi.


Yamaha sudah memproduksi dan menjual kendaraan roda tiga dalam bentuk skuter Tricity dan TMAX; dan penyingkapannya baru-baru ini menunjukkan minat produsen Jepang dalam segmen sepeda motor roda tiga. CEO Yamaha Motors Yoshihiro Hidaka baru-baru ini berbicara tentang keinginannya untuk memiliki seluruh jajaran kendaraan LMW (Leaning Multi-Wheel).

AUTOCAR


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT