Virus Covid-19 Bisa Menular Melalui AC Mobil, Begini Cara Antisipasinya
TEMPO.CO | 15/06/2021 15:38
Ilustrasi Virus Corona atau Covid-19. REUTERS/Dado Ruvic/Illustration/File Photo
Ilustrasi Virus Corona atau Covid-19. REUTERS/Dado Ruvic/Illustration/File Photo

TEMPO.CO, Jakarta - Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengungkapkan bahwa penularan virus Covid-19 dapat terjadi percikan air liur yang mengudara (airborne). Ini menandakan bahwa virus ini bisa menular melalui AC mobil.

Melansir laman resmi Auto2000, Selasa, 15 Juni 2021, AC mobil menganut sistem sirkulasi tertutup yang memanfaatkan udara di dalam kabin untuk didinginkan dan diembuskan kembali via kisi AC di dasbor atau blower di atap.

Hal tersebut dapat menyebabkan virus menyebar melalui udara AC dan berpotensi menularkan orang yang berada di dalam kabin mobil. Oleh sebab itu, perlu adanya langkah untuk membersihkan AC mobil untuk mencegah penularan virus.

Berikut menjaga kebersihan AC mobil untuk mencegah penularan virus Covid-19 menurut Auto2000.

1. Menjaga Kebersihan Filter Kabin AC

Filter kabin AC memiliki fungsi penting untuk membersihkan udara dari kabin yang akan didinginkan kembali. Pengemudi wajib memastikan filter ini bekerja optimal.

Jika filter kabin AC ini tidak berfungsi optimal, maka kotoran yang terbawa ke dalam sistem AC akan ikut diembuskan ke dalam kabin mobil.

2. Pastikan Evaporator Bersih

Evaporator juga harus dipastikan bersi karena bagian ini berfungsi untuk mendinginkan udara yang diambil dari dalam kabin untuk diembuskan kembali melalui kisi AC.

Pipa evaporator rawan jamur, bakteri, dan virus karena bagian ini lembab dan kotor, terutama jika pengemudi lupa mengganti filter kabin AC.

3. Jaga Kebersihan Kokpit Mobil

Bagian kokpit mobil perlu dibersihkan setiap pagi, khususnya pada bagian dasbor, konsol tengah, dan panel pintu menggunakan pembersih interior yang ramah lingkungan.

Kemudian bersihkan juga bagian lantai dan karpet di bagian penumpang depan, karena sebagian besar udara di wilayah kursi tersebut digunakan oleh sistem AC mobil.

4. Buka Jendela Secara Berkala

Pengemudi wajib membuat udara di dalam kabin bersirkulasi dengan udara luar. Caranya cukup membuka sedikit jendela selama 2 hingga 3 menit setiap satu jam sekali.

Pengendara juga dapat memanfaatkan tombol sirkulasi di panel AC untuk mengalirkan udara luar ke dalam kabin mobil.

5. Pakai Masker di Dalam Mobil

Untuk meminimalisasi penyebaran virus Covid-19, pengemudi dan penumpang wajib menggunakan masker di dalam mobil, terutama jika penumpang tidak tinggal di rumah yang sama.

Baca juga: 5 Kebiasaan Ini Bisa Merusak AC Mobil


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT