Kisah Piaggio yang Melahirkan Vespa Sekuter Klasik yang Melegenda
TEMPO.CO | 19/05/2021 08:42
Kisah Piaggio yang Melahirkan Vespa Sekuter Klasik yang Melegenda
Motor skuter Vespa Picnic Limited Edition resmi dirilis secara virtual di Indonesia pada Selasa, 6 April 2021. FOTO: PT Piaggio Indonesia

TEMPO.CO, Jakarta - Salah satu produsen motor terbesar di dunia dan memiliki karakter yaitu, Piaggio. Perusahaan ini merupakan produsen motor asal Italia yang bertempat di Pontedra. Piaggio didirikan oleh Rinaldo Piaggio pada 1884. Perusahaan ini juga beroperasi di 50 negara.

Piaggio sendiri merupakan sebuah produsen sepeda motor yang membawahi beberepa merek motor seperti, Aprillia, Derbi, dan Vespa. Satu hal yang perlu diketahui, tidak semua produk Piaggio adalah vespa. Namun, Piaggio menjadi perusahaan motor yang memfokuskan pada jenis sepeda motor sekuter matic.

Untuk sekuter vespa, meraih sukses besar sebagai ikon kendaraan roda dua di Eropa sejak diproduksi pada 1946. Hingga saat ini lebih dari 18 juta unit Vespa terjual di seluruh dunia, dan menjadi salah satu ikon motor klasik asal Italia.

Di Indonesia, Piaggio hadir pada tahun 2011 dan sudah memiliki 36 dealer resmi yang tersebar di seluruh Indonesia. Dealer tersebut terletak di Balikpapan, Banjarmasin, Bogor, Cirebon, Denpasar, Depok, Gianyar, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Utara, Makassar, Malang, Medan, Palembang, Pontianak, Semarang, Solo, Surabaya, Tangerang, Bandung, Bekasi, dan Yogyakarta.

Adapun jenis Vespa Piaggio yang dijual di Indonesia seperti Vespa Sprint, Primavera, hingga Vespa GTS. Untuk Vespa Sprint, mampu menampung bahan bakar lebih dari 7 liter, panjang 1.863 mm, lebar 695 mm, dan ketinggian jok mencapai 790 mm. Vespa Sprint hadir dengan 3 warna yaitu, Red Scarlatto, Grey Titanio dan White Innocenza.

Menukil dari kanal vespa.com, Vespa GTS Super 150 terbaru meningkatkan sistem teknologi pencahayaan, dengan teknologi LED terbaik, yang dipasang di depan dan belakang, juga dilengkapi dengan LED front positioning lights. Fitur-fitur ini menghadirkan solusi visibilitas terbaik di berbagai kondisi cuaca. Vespa GTS Super 150 saat ini dapat dibanderol dengan harga Rp. 62.700.000.

Sedangkan untuk Vespa Primavera, didesain dengan velg berukuran 12 dan memiliki 5 palang berbahan alumunium yang membuat sekuter ini lebih stabil. Vespa Primavera juga memiliki mesin bersilinder satu, 4-tak, i-Get 150 cc, berpendingin udara, dan dilengkapi dengan injeksi elektronik dan distribusi 3 katup. 

GERIN RIO PRANATA

Baca: Vespa Primavera dan Vespa Sprint Punya Warna Baru

 


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT