Keunggulan 5 Mobil Dinas TNI AD yang Bikin Gagah Saat Bertugas
TEMPO.CO | 05/05/2021 03:32
KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa membagikan 547 kendaraan dinas baru kepada jajaran TNI AD. Foto Youtube TNI AD
KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa membagikan 547 kendaraan dinas baru kepada jajaran TNI AD. Foto Youtube TNI AD

TEMPO.CO, Jakarta - Sejumlah anggota TNI Angkatan Darat mendapatkan pengadaan mobil dan motor dinas sebanyak 547 unit pada tahun anggaran 2020.

Kepala Staf TNI AD, Jenderal Andika Perkasa menjelaskan bahwa ada 309 unit mobil yang dibeli untuk memberikan kebutuhan kepada anggotanya di seluruh Indonesia.

Dari jumlah itu, ada lima jenis mobil dinas yang diberikan, yakni Toyota Land Cruiser Prado, Mitsubishi Pajero Sport, Mitsubishi Xpander, Toyota Avanza dan Suzuki Ertiga.

Kali ini, redaksi Tempo.co akan mencoba menjabarkan keunggulan lima mobil dinas TNI AD secara singkat. Berikut ulasannya.

Toyota Land Cruiser Prado

Toyota Land Cruiser Prado memiliki tampilan mewah dan cukup gagah. Selain itu, mobil dengan segmen SUV ini juga didukung dengan fitur dan teknologi canggih.

Beberapa keunggulan fitur itu salah satunya adalah kontrol iklim tiga zona, kamera mundur, keyless, kursi depan yang dapat dipanaskan dan didinginkan, navigasi satelit, sunroof listrik, colokan daya, wiper belakang, dan suspensi udara.

Mobil ini diketahui memiliki mesin diesel berkapasitas 2,8 liter dengan turbo. Itu bisa menghasilkan tenaga sebesar 130 Kw pada 3.400 rpm.

Mitsubishi Pajero Sport

Mobil dinas TNI AD kedua yang digunakan adalah Mitsubishi Pajero Sport. Kendaraan SUV ini memberikan banyak keunggulan.

Beberapa keunggulan tersebut adalah aksesoris sporty, mesin bertenaga, hingga kesan maskulin bergaya off-road.

Jika bicara soal mesin, Mitsubishi Pajero Sport memang cukup bertenaga. Varian tertinggi mobil ini bisa memiliki tenaga maksimal 181 ps pada 3.500 rpm.

Mitsubishi Xpander

Mitsubishi Xpander memiliki keunggulan dalam interior. Mengingat, mobil ini tampak tangguh dan dilengkapi fitur kenyamanan penumpang.

Ketangguhan Mitsubishi Xpander didukung dengan mesin yang bertenaga, di mana kapasitasnya mencapai 1,5 liter dan mampu mencapai kecepatan maksimal 120 ps.

Suspensi mobil ini pun juga dikatakan cukup kokoh, di mana Mitsubishi Xpander memiliki tipe suspensi Max Pherson Strut Coil Spring pada bagian depan.

Sedangkan di bagian belakan mobil ini menggunakan suspensi Torsion Beam. Dengan adanya dua jenis suspensi ini, Mitsubishi Xpander dapat meredam setiap getaran di jalanan yang tidak rata.

Toyota Avanza

Toyota Avanza adalah mobil yang memiliki ketahanan cukup baik. Mobil ini juga memiliki dua varian pilihan, yakni tipe 1,3 liter K3-VE dan 1,5 liter 3SZ-VE.

Dua mesin itu nyatanya sama-sama menggunakan tipe DOHC VVT-I 16 katup dengan empat silinder. Ini menjadi keunggulan Toyota Avanza yang bisa memberikan performa andal.

Suzuki Ertiga

Suzuki Ertiga memiliki keunggulan cukup baik dibandingkan dengan pesaingnya. Pasalnya, mobil ini menggunakan desain yang lebih agresif, mewah dan stylish.

Mesin Suzuki Ertiga menjadi keunggulan utama, di mana mobil ini mampu mengeluarkan tenaga sebesar 103 hp dengan torsi 138 Nm.

Selain itu, Suzuki Ertiga juga dikenal irit. Itu bisa membuat anggota TNI AD leluasa melakukan tugasnya tanpa mengkhawatirkan kecukupan bahan bakar.

Baca: TNI AD Punya Mobil Dinas Baru, Andika Perkasa: Ini Pengadaan Terbesar


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT