Esemka Berharap Bisa Produksi Mobil Listrik Murah
TEMPO.CO | 03/02/2021 09:43
Deretan mobil Esemka di Pabrik Mobil Esemka, Sambi, Boyolali, Jawa Tengah. Tempo/Dinda Leo Listy
Deretan mobil Esemka di Pabrik Mobil Esemka, Sambi, Boyolali, Jawa Tengah. Tempo/Dinda Leo Listy

TEMPO.CO, JakartaProdusen mobil Esemka, PT Solo Manufaktur Kreasi, saat ini tengah mempersiapkan prototipe mobil listrik. Pejabat Hubungan Masyarakat Esemka, Sabar Boedhi, mengatakan bahwa prototipe itu tengah digodok oleh tim Riset dan Pengembangan Esemka di Boyolali, Jawa Tengah.

“Basis yang digunakan untuk pengembangan mobil listrik adalah Esemka Bima yang saat ini sudah dipasarkan,” kata Sabar kepada Tempo, Rabu, 3 Februari 2021.

Menurut Sabar, pemilihan pikap Esemka Bima sebagai basis pengembangan dinilai wajar karena secara mendasar model itu sudah diproduksi dan dipasarkan. Kemudian, lanjut dia, dari sisi cost serta harga jual juga bisa diharapkan bisa ditekan.

Apalagi, dia menambahkan, Indonesia akan menjadi negara produsen baterai kendaraan listrik di masa depan. “Harapannya dengan baterai diproduksi lokal, bisa menekan harga jual mobil listrik Esemka,” ujar dia.

Baca juga: Esemka Siap Kembangkan Mobil Listrik

Ia tetap menekankan bahwa Esemka Bima menyasar segmen Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Sekalipun model itu nantinya akan dikembangkan menjadi mobil listrik. Saat ini, pikap Esemka Bima dipasarkan dengan harga Rp 125 juta on the road.

Mobil Esemka prototipe di pabrik perakitan Boyolali, Jawa Tengah, Sabtu 7 September 2019. TEMPO/Wawan Priyanto

Sebelumnya, Esemka sudah mengembangkan prototipe double cab listrik bersama PT Pindad. Prototipe yang dikenal sebagai Esemka Digdaya ini turut dipamerkan dalam peresmian pabrik perakitan di Boyolali pada 6 September 2019.

Hanya saja, kata Sabar, perlu kajian lebih mendalam untuk produksi massal prototipe tersebut. “Dari sisi cost (produksi), lalu harga jualnya yang tidak murah. Banyak hal yang harus dipelajari sebelum diproduksi massal,” tutur dia.

Baca: Pikap Bima Jadi Basis Pengembangan Mobil Listrik Esemka

Saat ini, sejumlah pabrikan telah memasarkan mobil listrik di Indonesia. BMW merupakan agen pemegang merek pertama yang menjual secara resmi mobil listrik BMW i3S mulai 2019. Kemudian Hyundai yang menawarkan dua model mobil listrik sekaligus yakni Hyundai Ioniq EV dan Hyundai Kona EV.

Toyota melalui brand Lexus menjadi produsen ketiga yang memasarkan mobil listrik murni dengan model Lexus UX 300e. Importir Umum, Prestige Motorcars lebih dahulu memasarkan mobil listrik dengan mendatangkan merek Tesla. Kini, Prestige juga memasarkan mobil listrik Renault Twizy.

Mobil listrik termurah yang dipasarkan di Indonesia saat ini adalah Hyundai Ioniq EV dengan harga jual Rp 624,8 juta. Menarik ditunggu berapa harga mobil listrik Esemka jika nanti sudah dipasarkan.

Video prototipe mobil Esemka di Boyolali:




REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT