Kisah Joe Biden dan Mobil Sport Chevrolet Corvette Stingray 1967
TEMPO.CO | 21/01/2021 18:38
Joe Biden dan mobil koleksinya, Chevrolet Corvette Stingray 1967. Biden mendapatkannya dari sang ayah sebagai hadiah pernikahan pada Agustus 1967. FOTO: Topgear.com.ph
Joe Biden dan mobil koleksinya, Chevrolet Corvette Stingray 1967. Biden mendapatkannya dari sang ayah sebagai hadiah pernikahan pada Agustus 1967. FOTO: Topgear.com.ph

TEMPO.CO, Jakarta- Joe Biden mengangkat sumpah sebagai Presiden Amerika Serikat ke-46 kemarin, Rabu lalu, 20 Januari 2021.

Selesai dilantik, Joe Biden Dia disambut mobil limosin Kepresidenan Cadillac The Beast yang diklaim teraman di dunia.

Bukan cuma The Beast mobil hebat yang ditunggangi Biden. Mantan Wapres AS memiliki sebuah mobil tua klasik Chevrolet Corvette Stingray keluaran 1967.

Baca juga: Joe Biden Disambut The Beast, Kenali Si Buas Tunggangan

Politikus Partai Demokrat AS ini adalah pemilik pertama dan satu-satunya mobil tersebut.

Top Gear pada 8 November 2020 melaporkan bahwa ayahnya, Joseph Biden Sr, pemilik dealer Chevrolet. Joe Biden mendapatkan mobil sport Chevrolet Corvette Stingray itu sebagai hadiah pernikahannya dengan Jill Tracy pada Agustus 1967.

Supercar terbaru dari Chevrolet yaitu Corvette Stingray siap meramaikan pemaran Geneva International Motor Show ke 83 di Jenewa, Swiss, (5/3). (AP Photo/Keystone, Martial Trezzini)

Untuk memberikan mobil istimewa itu, Joseph Biden Sr sampai harus mengorbankan mobil kesayangan, Chevrolet Corvette 1963, untuk dijual.

"Saat itu saya dibawa ke dealer dan langsung melihat mobil yang dia katakan sebagai hadiah pernikahan saya," kata Joe Biden, mengenang.

Putra-putra Joe Biden, Beau dan Hunter, lantas memperbaiki mesin mobil sport Chevrolet Corvette Stingray 1967, sebagai hadiah Natal. Mobil itu menggendong mesin V8 5,4 liter yang menghasilkan 300hp yang dipasangkan dengan gearbox manual 4 kecepatan. 

Baca juga: Chevy Corvette C8 2021: Pesan Hari Ini, Baru Tiba 18 Bulan Lagi

Mobil mobil sport Chevrolet Corvette Stingray 1967 adalah mobil Chevrolet termahal pada 2014 dengan harga US$ 3,85 juta atau setara Rp 55,5 miliar.

Mobil ini cukup langka dan banyak diminati, dan hanya diproduksi 20 unit yang dirancang untuk tampil di arena balap.

Pada saat Biden menjabat Wakil Presiden, mendampingi Barack Obama, dia tidak diizinkan mengemudi mobil itu di jalan umum karena keamanan Dinas Rahasia Amerika. Untungnya, detail perlindungannya berakhir enam bulan setelah dia meninggalkan kantor, dan kembali menikmati mobil itu sepenuhnya. 


TOP GEAR | GEAR PATROL


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT