Joe Biden Disambut The Beast, Kenali Si Buas Tunggangan Presiden AS
TEMPO.CO | 21/01/2021 12:54
Cadillac One The Beast mobil kepresidenan AS Donald Trump, menjadi mobil kepresidenan termahal di dunia dengan harga 1.500.000 US dollar atau sekitar Rp. 21 miliar. Mobil ini dilengkapi dengan kaca anti peluru agar tahan granat berpeluncur roket dan seran
Cadillac One The Beast mobil kepresidenan AS Donald Trump, menjadi mobil kepresidenan termahal di dunia dengan harga 1.500.000 US dollar atau sekitar Rp. 21 miliar. Mobil ini dilengkapi dengan kaca anti peluru agar tahan granat berpeluncur roket dan serangan senjata kimia. REUTERS

TEMPO.CO, JakartaJoe Biden mengangkat sumpah sebagai Presiden AS ke-46 pada Rabu, 20 Januari 2021. The Beast, mobil limosin kepresidenan Cadillac teraman di dunia pun menyambutnya.

Apa yang membuat limusin hitam tunggangan baru Joe Biden itu bukan hanya lambang kemewahan tapi juga benteng yang diklaim tak bisa ditembus?

AS memutuskan perlindungan dan keamanan di darat ke tingkat yang sama sekali baru ketika presidennya dalam perjalanan. Bodi The Beast berlapis baja kelas militer yang setidaknya setebal 5 inci.

Kombinasi baja kekerasan ganda, aluminium, titanium, dan keramik untuk menghandurkan proyektil peluru.

Baca: VW: Biden Lebih Sinkron dengan Strategi Mobil Listrik

Pintu berlapis lapis baja tebalnya 8 inci yang beratnya sama dengan pintu kabin pesawat jet Boeing 757. Ketika tertutup sepenuhnya, itu memberikan segel lengkap dari dunia luar. Segel seperti itulah akan menghapau serangan kimiawi.

Segel berupa pintu tersebut diperkuat lagi dengan jendela-jendela yang memiliki lima lapis kaca dan polikarbonat. Ini sekaligus dapat menahan peluru yang menembus lapis baja.

Sasis Cadilac The Beast diperkuat dengan pelat baja untuk melindungi kendaraan Presiden AS dari serangan bom.

Bannya yang diperkuat dengan bahan Kevlar yang tahan rusak dan tahan tusukan dengan pelek baja di bawahnya. Roda akan terus menggelinding meskipun bannya rusak.

Di interiornya, The Beast menggabungkan kemewahan dengan tingkat perlindungan yang sama seperti pada bodi.

Kompartemen belakang mobil Presiden AS dapat menampung empat penumpang dengan partisi kaca. Partisi atau penyekat ini hanya dapat diturunkan dengan sakelar yang dikendalikan Presiden AS.

Presiden Joe Biden, juga Donal Trump sebagai pengguna sebelumnya, mendapatkan fasilitas telepon satelit dengan tautan langsung ke Wakil Presiden dan Pentagon, kantor Departemen Pertahanan AS.

Tangki bahan bakar dilapisi lapis baja dan diisi busa khusus yang mencegahnya meledak bahkan setelah terlibat dalam kecelakaan. Bagasi mobil limosin kepresidenan ini memiliki sistem pemadam kebakaran, gas air mata, dan dispenser pelindung asap.

Limusin khusus The Beast ini juga sarat dengan senapan pompa dan meriam gas air mata. Kantong-kantong golongan darah presiden disimpan di papan jika dia membutuhkan transfusi.

Kompartemen pengemudi memiliki pusat komunikasi dan sistem pelacakan GPS. Di depan, di bawah gril, ada kamera tersembunyi dengan fasilitas penglihatan malam (night vision).

Dibutuhkan orang yang istimewa untuk mengemudikan kendaraan khusus Presiden Joe Biden. Pengemudinya berkemampuan sangat tinggi dan telah menjalani pelatihan yang ketat untuk memastikan dia mampu menangani The Bears dan menjaga keselamatan Presiden AS.


HINDUSTAN TIMES



REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT