Nostalgia Mobil Daihatsu Xenia, 17 Tahun Pemikat Pasar Kini Layu
TEMPO.CO | 18/01/2021 15:49
Daihatsu Xenia Sport yang ditampilkan di ajang GIIAS 2019. TEMPO/Khairul Imam Ghozali
Daihatsu Xenia Sport yang ditampilkan di ajang GIIAS 2019. TEMPO/Khairul Imam Ghozali

TEMPO.CO, Jakarta - Mobil Daihatsu Xenia sudah menemani mobilitas pegendara di Indonesia selama 17 tahun sejak diluncurkan 2004.

Kini, penjualannya paling jeblok.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Daihatsu Xenia berada di peringkat ke-17 mobil terlaris 2020. Penjualan mobil dari pabrik ke dealer (wholesales) Xenia hanya 7.637 unit sepanjang 2020.

Marketing and Customer Relation Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation Hendrayadi Lastiyoso mengatakan permintaan Daihatsu Xenia memang anjlok pada 2020 dibandingkan dengan mobil Daihatsu Sigra dan Ayla.

Baca: Duet Maut Toyota Avanza - Daihatsu Xenia, 2,75 Juta Unit Terjual

“Ini kenyataannya, seperti itu,” ujar dia dalam konferensi virtual pada Jumat, 15 Januari 2021.

Hari ini, Senin, 18 Januari 2021, PT Astra Daihatsu Motor mengeluarkan rilis tentang mobil Daihatsu Xenia.

Menurut Marketing Product Planning Division Head Astra Daihatsu Motor, Anjar Rosjadi, mobil MPV tujuh penumpang itu mampu memikat pasar otomotif di Indonesia selama 17 tahun belakangan.

“Kami mengucapkan terima kasih atas kesetiaan masyarakat terhadap Daihatsu,” ujar dia.

Dia menerangkan dengan tagline “Sahabat keluarga”, Xenia diproduksi Astra Daihatsu Motor dengan menyesuaikan karakteristik kebutuhan Indonesia. Mulai dari tampilan, fitur, sampai layanan purna jual dengan konsep desain modern, tough, serta sporty.

Di bagian depan, desain sporty terlihat dari bumper depan yang tangguh dan LED headlamp mengadopsi tren desain double layer. Bagian samping dilengkapi desain velg alloy yang stylish dan spion yang dilengkapi fungsi retractable.

Pada bagian belakang, desain stylish juga terlihat dari lampu double layer. Selain itu, spoiler belakang Daihatsu Xenia juga dipasang high mount stop lamp (HMSL) dan antena radio sudah menggunakan desain shark fin.

Dari segi keamanan berkendara, mobil Low MPV kembaran Toyota Avanza ini dilengkapi fitur speed sensing auto door lock. Untuk aspek keselamatan, selain Dual SRS Air Bag, Xenia dilengkapi fitur ABS dan EBD untuk performa pengereman yang lebih baik.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT