Volkswagen Rilis Prototipe Robot Pengisi Daya Baterai Mobil Listrik
TEMPO.CO | 29/12/2020 13:19
Prototipe robot pengisi daya baterai mobil listrik Volkswagen. (Volkswagen)
Prototipe robot pengisi daya baterai mobil listrik Volkswagen. (Volkswagen)

TEMPO.CO, JakartaVolkswagen atau yang biasa dikenal VW meluncurkan prototipe dari robot pengisi daya otonom untuk mobil bertenaga listrik. Ini merupakan salah satu konsep pengisian daya visioner yang diharapkan bisa diperluas infrastrukturnya selama beberapa tahun ke depan.

CEO Volkswagen Group Components Thomas Schmall menerangkan, infrastruktur pengisian daya menjadi faktor kunci keberhasilan mobilitas listrik.

“Robot pengisian daya kami hanyalah salah satu dari beberapa pendekatan. Tapi tidak diragukan lagi, ini merupakan salah satu yang paling visioner,’ ujar Schmall, seperti dikutip laman resminya, 28 Desember 2020.

Robot ini beroperasi secara otonom. Penggunaanya melalui aplikasi atau komunikasi Car-to-X. Secara independen mengarahkan kendaraan untuk diisi dan berkomunikasi dengan robot, dari membuka tutup soket hingga menghubungkan steker dan melepaskannya.

Seluruh proses pengisian berlangsung tanpa keterlibatan manusia sama sekali. Untuk mengisi daya beberapa kendaraan pada saat yang sama, robot bergerak memindahkan unit penyimpanan energi bergerak, ke kendaraan, lalu menghubungkannya. Kemudian menggunakan unit penyimpanan energi ini untuk mengisi baterai kendaraan.

Simak videonya: 

Unit penyimpanan energi tetap bersama kendaraan selama proses pengisian. Sementara itu, robot tersebut mengisi daya mobil listrik lainnya, setelah layanan pengisian daya berakhir.

Menurut Schmall, menyiapkan infrastruktur pengisian daya yang efisien masa depan adalah tugas utama yang menantang seluruh sektor. “Kami sedang mengembangkan solusi untuk menghindari tindakan mandiri yang mahal. Robot pengisian daya seluler dan stasiun pengisian cepat fleksibel kami hanyalah dua dari solusi ini,” tutur dia.

Dikutip Electrek, Senin, VW sebenarnya sudah sejak tahun lalu meluncurkan ide pelayan pengisi daya ini, yang dikonsep selama bertahun-tahun. Merek asal Jerman ini memiliki visi robot pengisian daya yang bisa mengambil paket baterai, menghubungkannya, dan membawanya ke mobil listrik yang diparkir untuk mengisi daya secara mandiri.

Perusahaan sebelumnya mengatakan bahwa mereka masing-masing dilengkapi dengan paket baterai 25 kWh dan dapat mengisi daya kendaraan pada 50 kW melalui pengisian cepat DC. Robot pengisian daya baterai kendaraan listrik juga dapat memindahkan beberapa gerbong baterai secara bersamaan.

ELECTREK | VOLKSWAGEN NEWSROOM


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT