Kisah Diego Maradona dan Ferarri Hitam
TEMPO.CO | 26/11/2020 13:41
Kisah Diego Maradona dan Ferarri Hitam
Kisah Diego Maradona dan Ferarri Hitam

TEMPO.CO, Jakarta - Legenda sepakbola Diego Maradona meninggal pada Rabu, 25 November 2020, karena serangan jantung. Di balik kariernya yang melejit sejak Argentina menjadi juara dunia pada 1986, ada kisah menarik Maradona dan mobil sport Ferarri.

Begini ceritanya. Tak lama setelah membawa Argentina juara dunia, Diego Maradona ingin memiliki dua mobil Ferarri.

Niat Maradona itu diungkapkan oleh Guillermo Coppola, pengusaha dari Argentina yang juga agen atau perwakilan Maradona.

“Tapi (Ferrari) harus berwarna hitam,” ujar Coppola seperti dikutip dikutip World Today News pada Juli 2020.

Permintaan itu cukup berani untuk memiliki mobil sedan sport berlogo Kuda Jingkrak dengan warna yang tidak biasa. Warna khas Ferrari adalah merah.

Maradona berhasil membuat produsen mobil asal Italia itu mengkhianati tradisinya dengan membuatkan Ferarri Testarossa yang terkenal dengan kelir hitam.

Warna hitam Ferrari Maradona disebut Glasurit Nero Met 901/ C.

Pengecualian serupa pernah dilakukan untuk aktor Sylvester Stallone. Bahkan setelah Maradona, Ferrari melakukannya untuk Michael Jackson dan Michael Jordan.

Ferrari hitam Maradona adalah hadiah dari Coppola kepada Presiden Napoli, Corrado Ferlaino, yang kemudian diserahkan kepada Sang Bintang.

Permintaan lain Maradona kepada Ferrari adalah sebuah Ferrari F-40, model indah yang pernah dibuat untuk memperingati 40 tahun Ferrari dan hanya 40 unit dibuat. 

Tidak ada masalah dengan harga mobil, Maradona juga menginginkan seri itu berwarna hitam.

Sayangnya Ferarri tidak bisa membuat model spesial tersebut dengan warna hitam. Akhirnya, Maradona menerima mobil Ferarti F-40 merah.

Coppola menceritakan, Maradona mencari speaker stereo dan tombol AC mobil Ferrari ketika mengendarainya.

“Saya menjelaskan kepada dia bahwa itu adalah mobil balap sehingga tidak ada stereo, AC, atau apa pun,” ucap  Coppola.

Diego lantas menjawab,“Kalau begitu taruh di pantatmu. Masukkan semuanya.”

Coppola adalah manajer sekaligus rekan petualangan Maradona saat itu.

Cerita Maradona dengan mobil Ferarri masih berlanjut. Ketika Maradona kembali ke Boca Juniors pada 1995, dia juga meminta dua Ferrari lagi, saat itu yang terbaru adalah tipe F355 Spider.

Keduanya berwarna merah dan dibeli pada waktu yang hampir bersamaan, satu memiliki paten AXX 608 dan yang lainnya memiliki lisensi BWY 893.

Model itu dilengkapi dengan V8 3,5 liter 380 tenaga kuda. Pada 2005, dengan kilometer 37.800, salah satu F355 Spider dilelang di Internet oleh Diego Armando Maradona Producciones SA. Harga lelang terakhir adalah 670 ribu dolar AS atau setara Rp 11,3 miliar.

WORLD TODAY NEWS | MARCA


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT